Home » Gaya Hidup » Para Ilmuwan Percaya hiu Greenland Simpan Rahasia Umur Panjang Manusia

Para Ilmuwan Percaya hiu Greenland Simpan Rahasia Umur Panjang Manusia



Jakarta – Hiu Greenland dipercayai para ilmuwan menyimpan rahasia umur panjang bagi manusia. Para ilmuwan pun kini berusaha memetakan DNA ikan hiu tersebut dalam pencarian gen unik yang menyimpan rahasia umur panjang ikan hiu itu.

Para Ilmuwan Percaya hiu Greenland Simpan Rahasia Umur Panjang Manusia

Hiu Greenland

Periset dari Universitas Arktik Norwegia telah mengurutkan DNA dari hiu Greenland yang beberapa di antaranya masih hidup dari era Georgia. Hiu Greenland ditemukan di perairan dalam di Samudera Atlantik, dari Kanada sampai Norwegia. Hanya sedikit yang diketahui tentang biologi dan genetika mereka.

Tim tersebut kemudian mengumpulkan DNA dari potongan kecil sirip hiu yang masih hidup dan telah diberi tanda sebelum dilepaskan. Dengan menggunakan DNA ini, para peneliti telah mengurutkan genom lengkap dari hampir 100 hiu Greenland.

“Kami ingin tahu apa rahasia yang membuat spesies hiu ini berumur panjang. Tak hanya hidup lebih lama dari spesies hiu lainnya, tapi juga dari vertebrata lainnya,” ujar Profesor Kim Praebel dalam sebuah konferensi di Exeter.

Sebagaimana dilansir dari Independent, selain meneliti gen hiu, mereka juga menyoroti perilaku hiu dan kaitannya dengan anggota spesies lainnya. Sejauh ini, hiu Greenland memegang rekor hewan bertulang belakang berumur panjang (400 tahun) melebihi Paus Bowhead (200 tahun).

Kelak jaringan, tulang, dan data genetik dari hiu dapat membantu mengukur dampak perubahan iklim terhadap populasi, kapan dan bagaimana kontaminan dan polusi kimiawi industri pengaruhi samudera, dan sejauh mana penangkapan ikan komersial selama ratusan tahun telah memengaruhi populasi hiu. (bens – sisidunia.com)