Home » News » Lautan Sampah di Cibangkong Sudah Ada Sejak 10 Tahun Terakhir

Lautan Sampah di Cibangkong Sudah Ada Sejak 10 Tahun Terakhir



Bandung – Volume sampah di Cibangkong, Batununggal, Kota Bandung diperkirakan mencapai 280 kubik. Dirut PD Kebersihan Kota Bandung, Deni Nurdiana menjelaskan, butuh 200 truk untuk mengangkut tumpukan sampah tersebut.

Lautan Sampah di Cibangkong Sudah Ada Sejak 10 Tahun Terakhir

Lautan samoah di Cibangkong

Deni mengatakan, lautan sampah tersebut sudah ada sejak 10 tahun terakhir. Sehingga, sampah yang sudah lama terakumulasi hingga mencapai ketinggian 2-3 meter.

“Volume sampah kami perkirakan 280 kubik. Kalau dilihat, didominasi sampah lama. Butuh alat berat untuk mengangkut sampah yang sudah bercampur dengan tanah itu,” kata Deni di lokasi, Kamis (6/7/2017).

Ia menuturkan akumulasi sampah lama dan baru bisa diangkut dengan menggunakan sekitar 200 truk. Selain kesulitan akses masuk truk ke lokasi, butuh waktu sekitar dua minggu untuk menyelesaikan proses pengangkutan sampah tersebut.

“Kalau diangkut hampir 200 truk. Tapi kami juga kesulitan akses masuk truk ke dalam, jadi kemungkinan kalau diangkut semua akan sulit juga,” tutur dia.

Menurutnya dengan kondisi itu, kemungkinan besar pihaknya hanya mengangkut sampah baru saja. Sementara, sambung dia, tumpukan sampah lama yang sudah bercampur tanah itu akan diratakan menggunakan alat berat.

“Alternatif yang terbaik itu akan kita ratakan atau diurug pakai tanah liat. Nanti bisa dimanfaakan untuk jadi lapangan bola atau ditutup,” ungkap dia.

Deni mengaku akan mengerahkan alat berat dan meminta bantuan aparat TNI untuk mempercepat proses pengangkutan sampah. Sebab, sambung dia, luasan dan volume sampah tidak bisa dibereskan secara manual.

“Kami hububungi TNI juga bantu menyelesaikan tumpukan sampah,” kata Deni.

(bens – sisidunia.com)