Home » News » PN Jaktim Vonis Dua Istri Anak Buah Teroris Santoso

PN Jaktim Vonis Dua Istri Anak Buah Teroris Santoso



Jakarta – Istri dari anak buah jaringan teroris Santoso, Tini dan Nurmi Usman menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur. Majelis hakim PN Jaktim memvonis kedua terdakwa dengan hukuman 3 tahun penjara.

PN Jaktim Vonis Dua Istri Anak Buah Teroris Santoso

Ilustrasi

“Dia (kedua terdakwa) diputuskan dihukum 3 tahun penjara,” ujar tim kuasa hukum terdakwa, Nurlan, Selasa (5/7/2017).

Baca juga : Inilah Faktor Habieb Rizieq Belum Mau Pulang ke Tanah Air

Sebelumnya, Nurlan berharap agar vonis terhadap kedua terdakwa lebih ringan dari tuntutan jaksa atau minimal sama dengan istri Santoso Jumiatun alias Umi Delima, yang dihukum 27 bulan. Namun ternyata hasilnya berbeda.

“Kita kan menulis di pledoi bahwa pada dasarnya mengikuti istrinya Santoso yang divonis PN di Jakarta Utara yang dituntut 3 tahun diputusan 2 tahun 3 bulan. Tapi di sini hasilnya tidak sependapat,” ucap Nurlan.

Majelis hakim menyatakan kedua terdakwa terbukti membantu kelompok jaringan teroris Santoso. Nurlan menegaskan tidak akan mengajukan banding sebab kliennya tersebut menerima dengan vonis itu.

“Kita terima. Bukan saya yang terima, tapi terdakwa. LKalau terdakwa tidak terima, ya kita banding. Kalau kita juga pribadinya terima karena itu memang itu peraturannya,” kata Nurlan.

Sebelumnya istri Ali Kalora, Tini, dan istri Basri, Nurmi Usman, dituntut jaksa 3 tahun penjara. Ali dan Basri merupakan pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) jaringan Santoso. Mereka juga telah menyesali perbuatannya dengan ikut bergerilya di hutan bersama suaminya. (bens – sisidunia.com)