Home » News » Bentuk Dewan Museum Jakarta, ini Alasan Ahmad Dhani

Bentuk Dewan Museum Jakarta, ini Alasan Ahmad Dhani



Jakarta – Musikus Ahmad Dhani bersama Politikus Partai Gerindra Fadli Zon membentuk sebuah Dewan Museum Jakarta.

Bentuk Dewan Museum Jakarta, ini Alasan Ahmad Dhani

Ahmad Dhani

Dhani ingin museum di Jakarta bisa seperti di London dan Amsterdam yang menyediakan rangkuman sejarah hingga menyedot animo masyarakat mendatangi museum.

Baca juga : Pihak Kepolisian Tak Menggubris Ancaman Revolusi Dari Rizieq Shihab

Sambangi BPK, Ini Tujuan Pansus Hak Angket KPK

“Saya pernah melihat Museum Fatahillah, enggak puas saya itu melihat Museum Fatahillah. Tidak seperti museum-museum di London dan Amsterdam, kayak misal London kan ada museum perang ada kapal perang,” kata Ahmad Dhani di Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Dia pun mencontohkan Turki, dimana masyarakat dan pemerintahnya sangat menghargai sejarah kebudayaan bangsanya dengan merawat dan menghidupkan museum, salah satunya Museum Topkapi.

“Semua orang yang ke Turki dan beradab ya datang ke Museum Topkapi ya kan, kecuali orang yang tidak peduli dengan itu,” ucap dia.

Ia berujar, Dewan Museum Jakarta tidak di bawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta alias berdiri sendiri. Namun demikian, ke depannya Dewan Museum Jakarta tetap berkoordinasi dengan Pemprov DKI untuk mendapat legal standing yang kuat.

Ahmad Dhani menambahkan, langkah awal untuk membenahi museum di Jakarta bisa dengan hal-hal terkecil dulu, seperti pendingin udara agar pengunjung merasa nyaman. Menurut dia, dengan demikian maka diharapkan bisa menjadi daya tarik masyarakat untuk datang ke museum.

“Yang pertama diperbaiki dulu museumnya, dibuat museum itu sesuatu yang nyaman minimal AC nya diperbaiki biar dingin, kalau AC nya panas orang masuk museum kan tidak betah. Jadi hal-hal yang kecil dulu lah diperbaiki. Bisa juga memperbanyak museumnya atau buat museum baru,” kata Dhani.

(bens – sisidunia.com)