Home » News » Obama Akan Kunjungi Borobudur, Ratusan Aparat Disiagakan

Obama Akan Kunjungi Borobudur, Ratusan Aparat Disiagakan



Yogyakarta – Sekitar 650 personel keamanan yang terdiri dari kepolisian dan TNI siap melakukan pengamanan. Pasukan keamanan tersebut untuk menjaga keamanan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama ketika mengunjungi Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Rabu (28/6/2017) hari ini .

Obama Akan Kunjungi Borobudur, Ratusan Aparat Disiagakan

 Kunjungan Obama Borobudur

Meski demikian, personel Keamanan hanya memberlakukan keamanan layaknya tamu VVIP.

Baca Juga :  Obama Menuju Yogyakarta Pada Siang Tadi

Hal Ini dibenarkan Dandim 0705/Magelang selaku kasubsatgas pam borobudur, Letkol Inf Hendra Purwinasari, S. did saat dihubungi, Selasa (27/6/2017).

Hendra menjelaskan, pengamanan presiden Amerika Serikat ke-44 tersebut seperti layaknya tamu VVIP lainnya.

“Karena ini adalah kunjungan liburan bukan kenegaraan jadi pengamanan VVIP dan nantinya saat beliau naik ke Candi Borobudur menggunakan jalur VVIP sehingga tidak terganggu dengan kunjungan wisatawan lainnya. Meski demikian, pengamanan berlapis tetap kami terapkan sesuai SOP, pemberlakuan ring 1 hingga ring 3 tetap ada,” beber Hendra.

Hendra mengaku belum bisa menyampaikan secara pasti kapan kunjungan Obama ke Borobudur dan dimana saja.

Namun demikian, menurut Hendra, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan sesuai standar pengamanan mantan kepala negara.

“Adapun titik-titik yang kita amankan baik dari rute, lokasi, maupun parkir. Pengamanan mulai dari ring 1 sampai ring 3. Kami sudah berkoordinasi dengan tim pengamanan Secret Service mereka. Kita belum tahu jam berapa kunjungannya karena ini adalah kunjungan wisata jadi tentatif waktunya. Pengamanan yang dilakukan bertujuan untuk menjaga privasi beliau selama kunjungan,Tapi kami pastikan, kami siap,” tegas Hendra.

(seph – sisidunia.com)