Home » News » Kendaraan Yang Keluar Dari Jakarta Jumlahnya Mencapai 4 Juta Lebih

Kendaraan Yang Keluar Dari Jakarta Jumlahnya Mencapai 4 Juta Lebih



Jakarta  –  Kendaraan yang keluar dari wilayah Jabodetabek saat angkutan mudik Lebaran sejak H-10 hingga H-1 akan diprediksi oleh Kementerian Perhubungan dan jumlah akan mencapai 4,39 juta unit. Pemudik asal Provinsi DKI Jakarta adalah yang terbanyak dari jumlah tersebut.

Kendaraan Yang Keluar Dari Jakarta Jumlahnya Mencapai 4 Juta Lebih

Gambar Ilustrasi

Kepala Posko Mudik Kemenhub, Eddy Gunawan mengatakan, berdasarkan pantauan Kemenhub di sejumlah ruas jalan protokol DKI Jakarta tampak lengang sejak sore. Jalan utama seperti Sudirman dan Thamrin terlihat lengang. Kepadatan hanya terjadi di wilayah perbatasan Bekasi yang merupakan jalur pemudik.

Baca Juga : Pasutri Menjadi Korban Begal di Bandung, Satu meninggal Dunia

“Sebenarnya sejak kemarin sudah berangsur-angsur keluar (kendaraan). Prediksi saya, sore ini sudah mulai lengang,” kata Eddy di Posko Mudik Kemenhub, Jakarta, Jumat (23/6/ 2017).

Kepadatan lalu lintas di Jakarta disebutnya hanya di wilayah arah luar kota. Misalnya saja, seperti yang sudah mulai terlihat sejak tadi malam adalah di Gerbang Tol Cawang menuju Cikarang Utama dan Cikampek. Selain itu, kepadatan kendaraan terjadi di Gadok dan jalan ke arah Pelabuhan Merak.

“Tadi malam itu memang terjadi kepadatan di KM 0 Cawang sampai ke Cikarang Utama. Terus di selatan yang melalui Puncak itu kepadatan mulai terlihat di Gadok. Kalau Gadok enggak usah Lebaran saja macet,” kata Eddy yang juga menjabat sebagai direktur Sarana Perhubungan Kemenhub ini.

Dia merincikan, kendaraan yang keluar dari Jabodetabek akan mencapai 4,39 juta unit, sedangkan realisasi hingga H-3 sudah sebanyak 2,3 juta kendaraan. Menurut dia, angka ini menunjukkan telah banyak pemudik yang menggunakan fasilitas angkutan untuk mudik gratis.

“Kalau dibandingkan dengan 2016, total kendaraan yang keluar Jabodetabek sekitar 3,7 juta,” kata dia.

Sementara itu, pada H-3 pukul 24.00 WIB tadi malam itu yang keluar 2,3 juta kendaraan. “Jadi tinggal dua hari kayaknya enggak mencapai 4 juta lebih. Berarti berkurang kendaraan yang keluar. Yang pasti ini berpindah kepada yang mudik gratis itu,” katanya.

(seph – sisidunia.com)