Home » News » Barack Obama Bersama Keluarga Berlibur Ke Bali Tanpa Pengawal

Barack Obama Bersama Keluarga Berlibur Ke Bali Tanpa Pengawal



Denpasar – Mantan orang nomor satu di Amerika Serikat (AS), Barack Obama, datang untuk berlibur bersama keluarganya ke Pulau Dewata Bali. Presiden ke-44 AS ini rencananya akan menginap di Four Seasons Resort Bali, Sayan, Ubud, Gianyar mulai Jumat hari ini (23/6/2017) hingga Rabu (28/6/2017).

Barack Obama Bersama Keluarga Berlibur Ke Bali Tanpa Pengawal

Barack Obama Sedang Menikmati Kelapa Muda di Pulau Dewata

Karena ini merupakan agenda liburan, Obama menolak pengawalan wah yang disiapkan pihak Indonesia.

Menurut jadwal, rombongan Obama akan mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali sekitar pukul 17.55, Jumat (23/6/2017), lalu meluncur ke Ubud, Gianyar untuk menginap di Four Seasons Resort Bali, Sayan.

Menurut kabar yang beredar, kemarin, Obama akan datang dengan keluarga. Termasuk saudara tiri (beda ayah) yang adalah orang Indonesia yaitu Maya Soetoro Kasandra.

Hanya saja, dalam kunjungan kali ini, Obama menolak pangawalan yang super ketat yang disiapkan Indonesia. Keinginannya itu juga sudah disampaikan secara resmi kepada pemerintah Indonesia.

Sementara pihak Indonesia berkeinginan memberikan pengamanan VVIP. Yakni pengamanan dengan kekuatan minimal empat unik rantis, sniper terbaik, 70 personel Angkatan Darat, Polisi di ring tiga dan Paspampres. Termasuk juga dengan pasukan berbaju batik dan pangawalan penyamaran.

Perbedaan soal pengamanan itu pun langsung menjadi bahasan yang serius dalam rapat-rapat antara pihak Indonesia dengan Obama. Namun, pihak Obama tetap tidak mau wah dan menolak pengamanan tingkat VVIP.

“Jadi mesti dicocokkan, Obama ingin pengamanan biasa tidak terlalu wah. Tidak terlalu heboh, apalagi sampai mengosongkan tempat dan lainnya. Ini masih dicocokkan, bagaimana membuat pengamanan VVIP namun tidak terlalu heboh,” jelas salah seorang sumber.

Tak hanya itu, Obama juga tak ingin penyambutan berlebihan. Dia akan turun dan dijemput lewat Bandara Ngurah Rai, selanjutnya akan menuju tempat menginap di Hotel Four Season, Banjar Sayan, Ubud.

Yang mencengangkan, walaupun Obama sudah tak menjadi orang nomor satu di negeri Paman Sam, dirinya tetap akan membawa banyak logistik.

Obama akan membawa serta 12 mobil atau setengah dari standar pengamanan secret service pemimpin negara Amerika.

Apabila mengacu pada standar pengamanan secret service, sebenarnya pengawalan mobil adalah 24 mobil. Dengan dua mobil sama, salah satunya berisi Presiden.

Pengawalan 24 mobil ini digunakan Obama saat ke Bali tahun 2011. Saat itu Obama menggunakan mobil super canggih, kuat bahkan anti ledakan senjata pelontar roket Basoka.

Mobilnya dulu adalah jenis Cadillac dari Limousine yang kerap disebut “The Beast”. Untuk kedatangan Obama hari ini belum jelas mobilnya.

“Yang jelas dia membawa 12 mobil dari negaranya. Namun jenisnya belum pasti,” ungkap sumber.

(seph – sisidunia.com)