Home » News » Ganguan Jiwa, Seorang Perempuan Bugil di Jakarta

Ganguan Jiwa, Seorang Perempuan Bugil di Jakarta



Jakarta – Kapolsek Tamansari AKBP Erick Frendriz mengatakan penyidikan terhadap VM (26), perempuan nyaris bugil di kawasan Mangga Besar, Tamansari, Jakarta Barat tidak bisa dilanjutkan. Pasalnya, hasil tes kejiwaan menunjukkan VM mengidap gangguan kejiwaan.

Ganguan Jiwa, Seorang Perempuan Bugil di Jakarta

Wanita yang bugil di kawasan Mangga Besar

“VM Mengalami gangguan jiwa berat (skizoafektif) dan gangguan kepribadian emosional tak stabil tipe ambang,” ujar Erick, Jumat (16/6/2017).

Baca juga : Razia Homestay, Polres Surabaya Amankan Seorang Mucikari

Wajar saja VM tidak sadar atas apa yang dia perbuat dan resiko dari tindakannya yang membuat gempar jagad media sosial. “Yang bersangkutan kurang memahami nilai dan risiko tindakan serta mengarahkan tindakannya. Bahasa kedokterannya begitu,” kata Erick.

Untuk itu, berdasarkan Pasal 44 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, penyidikan terhadap seseorang yang mengalami gangguan jiwa tidak dapat dipidana. “Proses penyidikan tidak dapat dilanjutkan sesuai Pasal 44 KUHP. Saudari VM akan dikembalikan ke pihak keluarga untuk pengobatan dan perawatan lebih lanjut,” ujar dia.

Perlu diketahui pada Pasal 44 ayat (1) KUHP berbunyi, “Tiada dapat dipidana barangsiapa mengerjakan suatu perbuatan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kepadanya, sebab kurang sempurna akalnya atau sakit berubah akal.”

Sedangkan di Pasal 44 ayat (2) KUHP berbunyi, “Jika nyata perbuatan itu tidak dapat dipertanggungjawabkan kepadanya sebab kurang sempurna akalnya atau sakit berubah akal, maka dapatlah hakim memerintahkan memasukkan dia ke rumah sakit jiwa selama-lamanya satu tahun untuk diperiksa.”

(bens – sisidunia.com)