Home » News » Perakit Senjata Api Ilegal Akan Mendapat Hukuman Yang Berat

Perakit Senjata Api Ilegal Akan Mendapat Hukuman Yang Berat



Jakarta ‚ÄstBeberapa waktu lalu¬†dua aksi perampokan menggunakan senjata api dan memakan korban sempat menggemparkan masyarakat. Davidson Tantono yang menjadi korban pertama tewas ditembak di SPBU Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (9/6/2017)lalu.

Perakit Senjata Api Ilegal Akan Mendapat Hukuman Yang Berat

Gambar Ilustrasi

Yang kedua, aksi perampokan dan penembakan yang menewaskan gadis bernama Italia Chandra Kirana Putri di Tangerang, Banten, Senin (12/6/2017).

Baca Juga : Enam Orang Tewas Akibat Kebakaran Apartemen

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Rikwanto mengatakan, senjata api yang digunakan oleh para pelaku itu diduga kuat merupakan senjata api rakitan.

Rikwanto mengatakan, senpi ilegal itu dibuat melalui cara yang ilegal, yakni melalui pengrajin senapan angin.

Rikwanto mengatakan, pembuat senjata ilegal bisa dikenakan pasal berlapis. Salah satunya yakni dikenakan Undang-undang Darurat.

“Banyak ya pasalnya dia bisa kena Undang-undang darurat, bisa kena membantu melakukan perbuatan melanggar hukum. Melanggar hukumnya apa, seperti perampokan, pencurian atau pembunuhan dan lain-lain. Jadi banyak pasal yang bisa dikenakan ke mereka,” kata Rikwanto di lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (14/6/2017).

Selain itu, Rikwanto mengatakan, pengrajin senjata api ilegal ini juga bisa dikenakan sangkaan atas perbuatan membantu perbuatan orang melanggar hukum, perampokan, pencurian dan pembunuhan.

“Banyak ya Pasalnya, dia bisa kena undang-undang darurat dia bisa kena membantu perbuatan orang melanggar hukum sebagai perampokan pencurian pembunuhan dan lain-lain,” ujarnya.

(seph – sisidunia.com)