Home » News » Indonesia Berkoalisi Dengan Negara Tetangga Untuk Jatuhkan ISIS

Indonesia Berkoalisi Dengan Negara Tetangga Untuk Jatuhkan ISIS



Jakarta – Untuk menggempur ISIS di bagian selatan Filipina, Indonesia akan bersekutu dengan beberapa negara untuk membantu Filipina .

Indonesia Berkoalisi Dengan Negara Tetangga Untuk Jatuhkan ISIS

Gambar Ilustrasi Pasukan ISIS

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan, sejumlah negara yang akan menjalin sekutu, yakni Australia, Selandia Baru, Malaysia, Brunei Darussalam dan Filipina.

Baca Juga : ISIS Akan Menggerakan Simpatisannya Serang AS, Eropa dan Rusia

“Indonesia akan melakukan koordinasi dengan lima negara itu, koordinasi multilateral untuk mem-back up Filipina dalam rangka menghabisi basis ISIS di sana,” ujar Wiranto di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (13/6/2017).

“Kerja sama itu dilakukan supaya mereka (ISIS) tidak hidup di Asia Tenggara. Tidak hidup di wilayah regional kita,” lanjut dia.

Untuk merancang strategi, perwakilan enam negara tersebut berencana bertemu pada Juli 2017. Indonesia akan menjadi ‘host’. Sementara, Australia akan menjadi ‘co-host’.

Milisi pendukung ISIS di Filipina Selatan menyerang Kota Marawi, Mindanao, Filipina.

Serangan sudah terjadi selama tiga pekan terakhir. Hingga hari ini, pertempuran di Kota Marawi telah menyebabkan 58 tentara dan polisi tewas.

Selain itu, ada tak kurang dari 20 warga sipil yang dilaporkan ikut terbunuh. Di pihak musuh diperkirakan ada 200 teroris yang tewas, sejak konflik pecah pada 23 Mei lalu.

Di samping itu, puluhan ribu orang telah meninggalkan Marawi, -kota berpenduduk Muslim terbesar di Filipina.

(seph – sisidunia.com)