Home » News » “Tempat Penukaran Uang Baru Dijejali Ratusan Warga “

“Tempat Penukaran Uang Baru Dijejali Ratusan Warga “



Batam  – Demi menukar uang pecahan rupiah baru, ratusan warga rela antri dan berdesakan di Pasar Mega Legenda, Batamkota, Kepri, Sabtu (10/6/2017) pagi.

"Tempat Penukaran Uang Baru Dijejali Ratusan Warga "

Penukaran Uang

Penukaran uang baru dilakukan dengan mobil keliling dari beberapa bank konvensional yang berlangsung dua kali, yakni tanggal 10 Juni dan 17 Juni.

Kepala Bank Indonesia (BI) Cabang Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, mengatakan warga tak perlu lagi datang ke kantor bank untuk bisa mendapatkan uang baru.

Selama beberapa hari ke depan, pihaknya memfasilitasi warga untuk bisa menukarkan uang baru dengan mobil bank keliling.

Beberapa bank yang siap melayani warga untuk penukaran uang, di antaranya Bank Indonesi, Bank Permata, BNI Syariah, Mandiri, BRI dan CIMB Niaga.

“Jadi ada enam mobil keliling, termasuk Bank Indonesia,” terang Gusti di sela penukaran uang , kemarin .

Menurut dia, tahap pertama penukaran uang pihaknya fokus melayani untuk dua wilayah, yakni Mega Legenda dan Pasar Botania.

Jumlah mobil keliling yang melayani sama untuk setiap wilayah. Uang yang disiapkan untuk setiap kawasan Rp 4 miliar. Mulai dari pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000 dan Rp 100.000.

“Sebenarnya penukaran uang tidak kami batasi. Selagi masih ada yang membutuhkan akan tetap kita layani,” kata Gusti.

Dikatakan Gusti, penukaran uang berlangsung selama tiga jam mulai pukul 09.00 WIB- 12.00 WIB. Sementara untuk penukaran uang baru di tanggal 17 Juni mendatang dilakukan di daerah Tiban Center dan Giant Batuaji dengan jam yang sama.

“Ini juga sebagai bentuk edukasi kepada warga untuk mengenal uang pecahan baru. Jadi pada saat Lebaran nanti, semua uang masyarakat sudah mengetahui adanya uang baru,” jelas Gusti.

Sementara Dermawan, warga Batamcenter telah menunggu sejak pukul 08.00 WIB untuk bisa menukarkan uang pecahan baru. Menurutnya, uang itu nantinya akan digunakan pada saat Lebaran di kampung halamannya, Sumatera Barat.

“Tukarnya dua juta saja. Tukar pecahan Rp 2.000, Rp 50.000 dan RP 10.000. Untuk dibagi ke anak-anak nanti,” terang Dermawan.

Hal yang sama dikatakan Sulastri yang juga warga Batamcenter. Dia mengaku dapat kabar adanya penukaran uang di Mega Legenda dari tetangga. Bersama suami, dia pun menyiapkan uang Rp 3 juta.

“Tukar semua pecahan. Kecuali uang Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu,” beber Sulastri.

(seph – sisisdunia.com)