Home » News » Seorang Penyebar Permainan Blue Whale di Rusia Ditangkap

Seorang Penyebar Permainan Blue Whale di Rusia Ditangkap



Moskow – Permainan online “Blue Whale” yang mengundang maut dalam tiga bulan terakhir menghebohkan Rusia. Pasalnya, permainan tersebut menyebabkan sedikitnya 32 orang remaja di Negeri Beruang Merah tewas bunuh diri.

Seorang Penyebar Permainan Blue Whale di Rusia Ditangkap

Blue Whale chellenge

Penyelidikan atas kasus tersebut memandu Otoritas Rusia kepada seorang tukang pos bernama Ilya Sidorov. Pria berusia 26 tahun itu akhirnya mengaku kepada tim penyidik bahwa dirinya sudah mengembangkan permainan yang menyebabkan gadis-gadis muda bunuh diri.

Seperti yang diberitakan Telegraph, Minggu (11/6/2017), Ilya menangis ketika ditanya bagaimana dirinya menginstruksikan seorang gadis remaja hingga berani melompat ke kolong kereta bawah tanah. Pria itu ditangkap di Moskow untuk kemudian dibawa ke Chelyabinsk untuk menjawab tuduhan tersebut.

Artikel yang dilansir The Sun pada Maret 2017 menerangkan, Blue Whale diisukan sebagai sebuah permainan online di grup media sosial yang mendorong para pemainnya untuk melakukan bunuh diri lewat serangkaian tugas yang tidak biasa.

Administrator grup tersebut memberikan tugas harian kepada anggotanya untuk diselesaikan dalam jangka waktu 50 hari. Tugas-tugas itu termasuk melukai diri sendiri, menonton film horor, memanjat bangunan berbahaya, dan bangun di jam-jam yang tidak biasa.

Tugas-tugas yang diberikan sedikit demi sedikit semakin berbahaya dan ekstrem. Pada hari ke-50, orang yang mengendalikan permainan tersebut menyuruh para remaja untuk bunuh diri dengan cara melompat dari atap gedung atau menggantung diri.

Nama Blue Whale atau Paus Biru sendiri diyakini terinspirasi dari tingkah hewan laut tersebut yang dikenal suka melemparkan dirinya sendiri ke pantai. Tindakan tersebut sangat berbahaya karena tidak jarang berujung maut bagi si ikan paus sendiri. (bens – sisidunia.com)