Home » News » Teror di London, Ini Respon Duber Inggris Untuk Indonesia

Teror di London, Ini Respon Duber Inggris Untuk Indonesia



Jakarta – Britania Raya kembali diguncang peristiwa teror. Kali ini, tindakan yang diduga kuat berpotensi mengandung unsur terorisme melanda London Bridge ikon jantung Kota London, Ibu Kota Inggris.

Teror di London, Ini Respon Duber Inggris Untuk Indonesia

Dubes Inggris Moazzam Malik

Rangkaian peristiwa teror terjadi di London Bridge dan Borough Market di London, pada 3 Juni 2017 malam waktu setempat atau 4 Juni 2017 pagi waktu Jakarta, demikian seperti yang diwartakan oleh CNN, Minggu (4/6/2017).

Baca juga : Meletus Dua Kali, Gunung Merapi Berstatus Waspada

Teror di London Bridge merupakan peristiwa tabrak lari yang terjadi sekitar pukul 22.00 waktu setempat. Menurut keterangan saksi mata, peristiwa tabrak lari tersebut dilakukan oleh sebuah mobil van dan menabrak sejumlah pejalan kaki di trotoar jembatan.

Sementara itu, teror di Borough Market London merupakan peristiwa penusukan dan terjadi beberapa menit setelah peristiwa London Bridge. Menurut saksi mata, setidaknya ada tiga orang yang membawa pisau dan melakukan penusukan kepada sejumlah individu di kawasan pasar London tersebut.

Peristiwa yang menimbulkan 6 korban tewas dan sekitar 30 korban luka itu menuai respons dari Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik. Ia menyampaikan simpatik kepada para individu yang terkena dampak serangan London 3 Juni 2017.

“Merasa jijik dengan serangan di #London. Berdiri solid dengan orang-orang yang menjadi sasaran serangan. Damai, toleransi, harmoni tidak akan kalah,” kata Moazzam Malik melalui akun Twitter-nya @MoazzamTMalik, Minggu 4 Juni 2017.

Perdana Menteri Inggris Theresa May menilai peristiwa tersebut sebagai sebuah insiden nahas serta turut simpati kepada para individu yang terjebak dalam situasi tersebut, seperti yang diwartakan oleh CNN, Minggu 4 Juni 2017. Ia juga menjelaskan bahwa kejadian tersebut akan ditangani pemerintah Inggris sebagai ‘peristiwa yang berpotensi mengandung unsur terorisme’.

Wali Kota London Sadiq Khan menyatakan bela sungkawa kepada para korban dan mengungkapkan apresiasi kepada para aparat yang terjun ke lapangan untuk mengendalikan situasi. Khan juga mengimbau agar masyarakat London menjauhi lokasi kejadian dan meningkatkan kewaspadaan.

“Simpatiku untuk para individu yang terkena dampak kejadian itu. Aku juga ingin berterimakasih kepada para petugas gawat darurat yang terjun pertama kali ke lapangan di lokasi kejadian. Aku mengimbau masyarakat London untuk tetap tenang dan waspada,” tulis Sadiq Khan dalam pernyataan tertulisnya yang diunggah melalui Twitter @MayorofLondon, 4 Juni 2017.

(bens – sisidunia.com)