Home » News » Pil Berlogo Superman Ini Merupakan Narkotika Golongan I

Pil Berlogo Superman Ini Merupakan Narkotika Golongan I



Jakarta – Satuan Reserse Narkoba Polresta Depok baru-baru ini mengungkap ekstasi berlogo ‘Superman’. Dari hasil pemeriksaan laboratorium Mabes Polri, ekstasi tersebut tidak seperti kebanyakan ekstasi yang mengandung MDMA (Methylene Dioxy Methamphetomine), melainkan mengandung MDPV (Methylene Dioxy Pyrovalerone).

Pil Berlogo Superman Ini Merupakan Narkotika Golongan I

Pil berlogo Superman

“Pada awalnya kami ragu apakah pil berlogo Superman tersebut merupakan narkoba atau bukan, namun dari hasil pemeriksaan pendahuluan di Labfor Mabes Polri, ternyata kami ketahui bahwa ada kandungan MDPV-nya,” terang Kasat Reserse Narkoba Polresta Depok Kompol Putu Kholis Aryana, Sabtu (3/6/2017).

Baca juga : 4 Orang Ini Ditahan Lantaran Sebarkan Foto Editan Presiden Senegal

Ekstasi berlogo Superman tersebut, diungkap dari tertangkapnya seorang pengedar Yulianto (37) yang ditangkap ri rumah kontrakannya di Jalan H Mulih RT 04/03 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Depok, pada Minggu (21/5/2017) lalu.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No 2 Tahun 2017, MDPV termasuk dalam jenis narkotika Golongan I. “Karena telah diatur sebagai jenis narkotika Golongan I dalam Permenkes No 2 Tahun 2017, maka terhadap pelaku kami proses pidana,” imbuh Putu.

Sementara itu, Direktur Narkotika Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta mengatakan, MDPV jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dan tanpa resep dokter, dapat menimbulkan efek yang berbahaya bagi si pengguna.

“Efeknya bagi si pengguna dapat menimbulkan rasa senang, bahkan bisa menimbulkan halusinasi hingga kehilangan kesadaran,” ungkap Nico.

Sementara dikutip dari berbagai sumber, di luar negeri, MDPV dijual secara bebas dalam bentuk ‘bath salt’. Sama halnya seperti ekstasi, namun efeknya melebihi, di mana dapat menimbulkan paranoia, halusinasi, nyeri dada (chest pain) dan keinginan untuk bunuh diri (suicidality). (bens – sisidunia.com)