Home » News » Meletus Dua Kali, Gunung Merapi Berstatus Waspada

Meletus Dua Kali, Gunung Merapi Berstatus Waspada



Bukittinggi – Gunung Marapi di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar), meletus dua kali dan mengeluarkan material debu vulkanik yang bertiup ke arah timur sepanjang minggu ini.

Meletus Dua Kali, Gunung Merapi Berstatus Waspada

Letusan gunung merapi

Dari pantauan Pos Pengamat Gunung Api (PGA) Marapi Sumbar di Bukittinggi, Minggu (4/6/2017), letusan tercatat terjadi pada pukul 10.01 WIB.

“Letusan pertama mengeluarkan asap warna abu-abu tebal, tekanan lemah, dengan amplitudo enam milimeter dan lama gempa 35 detik,” kata Petugas Pos PGA Marapi, Hartanto.

Ketinggian asap di letusan pertama diperkirakan mencapai 300 meter.

Selanjutnya, letusan kedua terjadi pada pukul 10.22 WIB mengeluarkan asap warna abu-abu tebal dengan ketinggian mencapai 700 meter.

“Letusan yang kedua tampak lebih besar karena pengaruh embusan angin dan bertiup ke arah timur atau arah Kabupaten Tanah Datar,” kata Hartanto seperti dikutip dari Antara.

Letusan kedua tercatat dengan lama gempa 22 detik dengan amplitudo empat milimeter dan tekanan lemah.

Kemudian pada pukul 10.50.32 WIB terjadi embusan dengan asap berwarna putih ketinggian 100 meter dan tidak ada seismik.

“Pukul 11.26 WIB aktivitas mulai kembali normal namun kami masih waspada memantau sesuai dengan status dari Gunung Marapi yaitu waspada,” jelas Hartanto.

Ia juga mengingatkan warga agar tidak mendaki Gunung Marapi pada radius tiga kilometer dari kawah atau puncak, mengingat kawah sebagai pusat letusan dan sumber keluarnya gas-gas vulkanik dapat membahayakan bagi kehidupan. (bens – sisidunia.com)