Home » Gaya Hidup » Inilah Penyebab Gunung Api Meletus Terkuat

Inilah Penyebab Gunung Api Meletus Terkuat



Jakarta – Dalam studi barunya, para ilmuwan mengungkap bagaimana waduk besar mempengaruhi letusan gunung api yang paling kuat di Bumi. Mereka mengklaim bahwa letusan gunung api paling kuat yang dijuluki ‘super-eruptions’ dikarenakan oleh umpan magma lambat dan stabil dari waduk besar yang berada jauh di dalam kerak Bumi.

Inilah Penyebab Gunung Api Meletus Terkuat

Ilustrasi

Waduk magma berfungsi untuk menarik magma panas dari mantel Bumi dan ada sebagian volume besar batuan parsial yang bisa menyimpan magma seperti spons. Dengan melakukan sejumlah simulasi numerik dari proses ini, tim peneliti menunjukkan bahwa waduk besar yang terbentuk secara alami itu sangat penting untuk menghasilkan letusan vulkanik di Bumi.

Tim juga menunjukkan bahwa waduk besar bisa memakan waktu jutaan tahun untuk terbentuk. Oleh karena itu mengapa super-eruptions jarang terjadi.

“Studi kami telah menunjukkan bahwa kunci ini adalah waduk yang jauh lebih besar di bawah permukaan yang mampu secara perlahan meningkatkan suhu di bagian atas kerak Bumi, sehingga menjadi lebih mudah untuk penyimpanan magma,” ujar Penulis studi Dr Wim Degruyter dari Sekolah Ilmu Bumi dan Ilmu Pengetahuan Universitas Cardiff.

“Bila kerak bumi telah menjadi sepenuhnya matang, waduk raksasa dapat terbentuk di kerak atas dan dengan demikian kita akan melihat letusan yang sangat kuat,” imbuh Dr Degruyter dikutip dari Science Daily, Minggu (4/6/2017).

(bens – sisidunia.com)