Home » News » 4 Orang Ini Ditahan Lantaran Sebarkan Foto Editan Presiden Senegal

4 Orang Ini Ditahan Lantaran Sebarkan Foto Editan Presiden Senegal



Dakar – Empat orang ditangkap pihak Kepolisian Senegal dan terancam dua tahun penjara karena menyebarkan foto tak pantas melalui WhatsApp. Mereka menyebarkan foto editan wajah Presiden Senegal Macky Sall yang ada di foto pria telanjang.

4 Orang Ini Ditahan Lantaran Sebarkan Foto Editan Presiden Senegal

Gambar ilustrasi

Dilansir dari AFP, Minggu (4/6/2017), empat orang tersebut terdiri dari 3 perempuan dan 1 laki-laki dan berusia sekitar 20 tahunan. Pengacara salah satu korban membenarkan kabar penangkapan tersebut.

Baca juga : Mudik Lebaran, Penembak jitu Ikut Jaga Pos di Perbatasan Riau

Penangkapan terjadi menjelang pemilihan legislatif pada 30 Juli mendatang, di mana pendaftaran kandidat berakhir pada awal pekan ini.

Menurut media setempat, Polisi masih mencari pelaku kelima yang diduga berada di Gambia. Pelaku kelima tersebut diduga turut menyebarkan foto editan melalui sebuah aplikasi berbagi pesan.

Polisi tahu dari kejadian ini saat salah seorang pelapor melihat foto tersebut ada di salah satu grup WhatsApp yang diikutinya.

Hukuman di Afrika barat bagi mereka yang menyebarkan foto yang dianggap ofensif adalah hukuman penjara antara 1 bulan hingga 2 tahun. Selain itu jika terbukti pelaku juga bisa didenda mencapai 300.000 CFA franc (EURO 515,457). (bens – sisidunia.com)