Home » Ekonomi & Bisnis » BI Siapkan Uang Tunai Untuk Tukar Sebesar Rp 167 Triliun

BI Siapkan Uang Tunai Untuk Tukar Sebesar Rp 167 Triliun



Jakarta – Menghdapi Ramadan dan hari raya Idul Fitri 2017, Bank Indonesia (BI) kini telah melalukan persiapan. Di antaranya menyiapkan uang pecahan kertas dan logam bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang sebesar Rp167 triliun.

BI Siapkan Uang Tunai Untuk Tukar Sebesar Rp 167 Triliun

Ilustrrasi

Deputi Gubernur BI, Sugeng mengatakan di Indonesia siklus Ramadan dan Lebaran memiliki intelegasi pada aktivitas ekonomi masyarakat yang cenderung meningkat. Hal ini memang salah satu ciri khusus yang dimiliki.

“Terkait dengan kesiapan uang rupiah menghadapi Ramadan dan Idul Fitri, BI menyediakan uang kertas dan uang logam dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Ramadan dan Idul Fitri 2017 ini baik secara nominal maupun pecahan,” ungkapnya dalam acara Bincang-Bincang Media di Gedung BI, Jakarta, Jumat (2/5/2017).

Menurutnya, seperti tahun-tahun sebelumnya pihaknya telah memperhitungkan kebutuhan uang di masyarakat akan lebih tinggi di saat puasa dan menjelang Lebaran. Sehingga BI telah menyiapkan uang Rp167 triliun di Lebaran 2017.

“Mengantisipasi kebutuhan masyarakat dan perbankan pada periode tersebut yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Perkiraan kebutuhan selama Ramadan dan Idul Fitri Rp167 triliun,” jelasnya.

Ia mengatakan, dana tersebut dapat di-cover dengan posisi kas siap edar BI, maupun yang akan diterima dari Perusahaan Umum Percetakan Uang RI (Perum peruri). Sehingga, masyarakat tak perlu khawatir kekurangan jumlah uang logam dan kertas.

“BI mengimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir terhadap persediaan uang kartal, karena persediaan BI dan perbankan lebih mencukupi baik nominal atau pecahan. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan dapat melakukan penarikan atau penukaran sesuai dengan jumlah dan jenis pecahan yang dibutuhkan,” tukasnya.

(bens – sisidunia.com)