Home » News » Pemancangan Tiang Pertama Masjid Bernilai Rp 169 Miliar di Sulsel

Pemancangan Tiang Pertama Masjid Bernilai Rp 169 Miliar di Sulsel



Makassar – Penancapan perdana tiang Masjid 99 Kubah Centre Point of Indonesia (CPI) sudah dilakukan. Anggaran Rp169 miliar dibutuhkan untuk membangun Masjid yang akan menjadi pusat wisata religi di Sulawesi Selatan.

Pemancangan Tiang Pertama Masjid Bernilai Rp 169 Miliar di Sulsel

Gambar Miniatur Masjid 99 Kubah

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, masjid ini menjadi landmark yang hebat di Sulsel. Salah satu cita-cita untuk mewujudkan Sulsel sebagai pilar Indonesia.

Baca Juga : Anggota Komisi IV DPR RI Berikan Bantuan Pembangunan Masjid di Makassar

“Kita mewujudkannya dengan wisma negara. Ini gagasan ideal sebagai wisata religi baru. Dilengkapi jogging track dan pasir putih,” tutur Syahrul, usai pemancangan tiang pertama masjid, Kamis (1/6/2017).

Misi masjid ini, yakni 30 masjid terunik di dunia, 10 terunik di Indonesia, dan terbesar di Sulawesi. Konsepnya, water front. Lantai semi basement untuk fungsi penunjang masjid, seperti toilet, tempat wudu, kantor yayasan, dan galeri Asmaul Husna.

Sementara, lantai satu untuk ruang salat pria, pelataran suci, toko buku, dan busana muslim. Lantai dua (mezzaine) untuk tempat salat wanita dan teras view water front.

Lantainya menggunakan marmer khas Maros-Pangkep kualitas ekspor. Luas area masjid 20.155 meter persegi.

Adapun kapasitas tampungannya 13.075 jemaah. Terdiri atas 3.880 jemaah di ruang salat, 1.005 jemaah di mezzaine, dan pelataran suci mampu menampung 8.190 jemaah.

(seph – sisidunia.com)