Home » News » Meski Tanggal Merah, Pelajar di Perbatasan Mengukuti Upacara Hari Pancasila

Meski Tanggal Merah, Pelajar di Perbatasan Mengukuti Upacara Hari Pancasila



Sekayam – Ribuan pelajar yang terdiri dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di perbatasan mengikuti upacara peringati Hari Lahir Pancasila. Meskipun tanggal merah, seluruh pelajar tetap antusias mengikuti upacara bendera.

Meski Tanggal Merah, Pelajar di Perbatasan Mengukuti Upacara Hari Pancasila

Ilustrasi

“Semua pelajar hadir tidak ada satupun yang alfa mengikuti upacara,” kata kepala sekolah SMA 2 Sekayam, Muhammad Tarmudi, Kamis (01/06/2017).

Baca juga : Foto Kakek Sakit Viral, Pemkot Surabaya Bawa ke Rumah Sakit Untuk Pengobatan

Menurutnya, nilai Pancasila di perbatasan masih kuat di dalam kehidupan masyarakat. Hal itu terlihat dari aktivitas yang kerap dilaksanakan bersama-sama saling menghargai dan menghormati.

Meski masyarakat di perbatasan berbeda suku, bahasa, dan budaya, mereka tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan seperti yang tertuang di dalam Pancasila.

Tarmudi berharap, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tidak hanya sebatas kegiatan seremoni belaka tetapi harus diimplementasikan di dalam kehidupan dan disekolah.

Salah satu peserta upacara, Dwi Resty Meliani mengatakan, meneladani nilai-nilai Pancasila harus dimulai dari lingkungan rumah. Jika di rumah sudah saling menghormati dan menghargai sudah jelas akan mudah diterapkan didalam bermasyarakat.

“Masyarakat di perbatasan dan seluruh pelajar di perbatasan masih memegang teguh makna dari Pancasila,” pungkasnya.

(bens – sisidunia.com)