Home » News » Gatot Nurmantyo Dorong Pendefinisian Ulang Kasus Terorisme

Gatot Nurmantyo Dorong Pendefinisian Ulang Kasus Terorisme



Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo ungkapkan harus ada pengartian ulang tentang kasus terorisme dalam revisi Undang-Undang (UU).

Gatot Nurmantyo Dorong Pendefinisian Ulang Kasus Terorisme

Gatot Nurmantyo

Pendefinisian ulang ini, kata Gatot, diperlukan agar aparat keamanan bisa mengambil tindakan pencegahan atas berkembangnya paham radikal dan serangan teror yang kerap terjadi belakangan ini.

“Kalau ingin kita aman, ingin anak cucu kita aman, ya kita harus benar-benar (mengganggap) teroris adalah kejahatan negara,” kata Gatot di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2017).

Gatot menjelaskan, UU Terorisme yang ada saat ini merupakan warisan dari tragedi bom Bali. UU Teroris dibuat dalam rangka mempermudah dan mempercepat penyelidikan dan penyidikan dalam kasus bom Bali.

Masih kata Gatot, dalam UU Terorisme, diterapkan hukum material di mana suatu penyelidikan bisa dilakukan setelah ada peristiwa teror. Sementara itu lanjut Gatot, dinamika keamanan global telah berkembang pesat. Kelompok teror lahir di berbagai belahan dunia.

Karenanya, pendefinisian ulang terhadap terorisme serta tata cara penindakannya harus segera dilakukan. “Kalau kita masih menggunakan undang-undang seperti itu kita tinggal tunggu saja teroris akan berpesta di sini, karena tempat paling aman di sini (Indonesia),” tegas Gatot.

(seph – sisidunia.com)