Home » Gaya Hidup » Selain Paru-paru, Tembakau Juga Merusak Organ Ini

Selain Paru-paru, Tembakau Juga Merusak Organ Ini



Jakarta – Tembakau ternyata mengandung ragam zat beracun dalam tubuh. Yakni, nikotin, formaldehida, benzena, karbon monoksida, tar, dan karsinogen lainnya. Paparannya bisa menyebabkan kerusakan pada paru-paru akibat penyakit paru obstruktif kronis.

Selain Paru-paru, Tembakau Juga Merusak Organ Ini

Ilustrasi

Selain merusak paru-paru, berikut bagian organ tubuh yang terdampak akibat tembakau, dilansir dari laman Thehealthsite, Rabu (31/5/2017).

Kulit

Penyakit kulit autoimun seperti psoriasis menunjukkan tingkat perbaikan yang menurun di kalangan perokok wanita. Merokok juga meningkatkan risiko penuaan dini pada kulit. Bila Anda mulai terkena masalah kulit, ini saat yang tepat untuk berhenti merokok.

Mata

Mata memerah akibat paparan asap rokok disebabkan komponen stres oksidatif dari asap tembakau. Paparan asap ini dapat mengiritasi mata, sehingga menyebabkan banyak kerusakan mata, termasuk katarak.

Kerongkongan dan sistem pencernaan

Jangan salahkan makanan atau minuman Anda, karena asupan nikotin dari tembakau bisa memengaruhi otot esofagus. Saat otot mengendur, asam lambung akan naik ke atas sehingga mampu merusak kerongkongan. Bila terjadi demikian, dampak nikotin dapat meningkatkan risiko penyakit ulkus dan kanker lambung.

Jantung

Rokok memiliki dampak buruk kesehatan kardiovaskular. Dosis rendah 4 mg nikotin saja dapat menyempitkan arteri koroner, sehingga menghambat aliran darah dan berimplikasi pada gangguan jantung.

(bens – sisidunia.com)