Home » News » Bangunan Semi Permanen Kembali Menghuni Kolong Tol Pluit-Tomang

Bangunan Semi Permanen Kembali Menghuni Kolong Tol Pluit-Tomang



Jakarta – Kembali berdiri rumah semipermanen di kolong Tol Pluit-Tomang, tepatnya berseberangan dengan RPTRA Kalijodo. Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku sudah menyuruh Satpol PP untuk membongkar rumah bedeng tersebut.

Bangunan Semu Permanen Kembali MEnghuni Kolong Tol Pluit-Tomang

Kolong tol Pluit seberang Kalijodoh

“Saya sudah perintahkan Satpol PP untuk bongkar. Bukan hanya di Kalijodo, Ancol juga, termasuk di Akuarium,” kata Djarot di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (31/5/2017).

Baca juga : Ibu Rumah Tangga Ini Menjadi Anggota Begal di Bandung

Djarot menegaskan tidak akan diam melihat rumah-rumah bedeng yang kembali didirikan warga. Dia memastikan akan membongkar rumah yang dibangun di beberapa daerah tersebut agar tidak menjamur ke warga lain.

“Saya sudah perintahkan untuk bongkar. Jangan biarkan mereka terlalu lama di situ. Itu nanti akan berkembang biak mereka nanti maka harus dibongkar,” ujarnya.

Djarot juga mengaku sudah mendapat laporan soal rumah bedeng di kolong Tol Kalijodo ini. Dia langsung memerintahkan agar bedeng-bedeng segera dibongkar.

Nantinya usai dibongkar, Djarot ingin kawasan tersebut dipagari agar tidak ada lagi warga yang mencoba membangun rumah bedeng. Kawasan tersebut juga akan ditanami tanaman.

“Setelah kita bongkar, kalau perlu dikasih pagar, ya dong. Diamanin pakai pagar lalu ditanami gitu ya,” katanya.

Jajaran terkait menurutnya juga akan lebih ketat mengawasi lahan-lahan kosong yang kerap digunakan warga untuk membangun rumah. Djarot mengimbau agar tidak ada lagi warga yang membangun rumah di kolong tol maupun kolong jembatan.

“Di Jakarta ini yang begitu tidak boleh ada lahan kosong dibiarkan lama. Kalau begitu nanti ditempati gitu ya nggak boleh. Apalagi fasilitas umum kayak kolong tol, kolong jembatan, harus dijaga terus,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, rumah semipermanen kembali berdiri tegak di kolong Tol Pluit-Tomang. Padahal baru beberapa bulan lalu kolong tol di seberang RPTRA Kalijodo ini ditertibkan Pemerintah Provinsi DKI.

Task hanya rumah-rumah bedeng yang berdiri di bawah kolong tol, beberapa truk juga terparkir di beberapa lahan kosong. Truk-truk itu tak lain dibawa sopir-sopir yang tengah beristirahat usai perjalanan jauh. Ada pula sopir yang tengah menunggu order sewa. (bens – sisidunia.com)