Home » News » Inilah Makanan Yang Disukai Oleh Jokowi

Inilah Makanan Yang Disukai Oleh Jokowi



Jakarta – Predisen RI Joko Widodo atau Jokowi memang dikenal sebagai sosok yang sederhana. Karakter khasnya itu diakui oleh juru masak istana yang setiap hari menyajikan hidangan untuknya.

Inilah Makanan Yang Disukai Oleh Jokowi

Ilustrasi

“Bapak itu yang saya ketahui selama ini sederhana sekali. Jadi masakan tuh masakan rumahan,” kata Tri Supriharjo dalam sebuah vlog yang diunggah akun Presiden Joko Widodo.

Ia mencontohkan beragam masakan yang kerap disantap oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut. Beberapa di antara masakan yang kerap diminta Jokowi ialah Sop Ayam, Sayur Bayam Bening dan Tumis Pepaya Muda.

Namun ada pula masakan favorit Jokowi saat ini, yaitu Soto Kuning. Menurut Tri, masakan tersebut sering diminta oleh Jokowi sejak pindah ke Istana Bogor. “Hampir setiap hari soto kuning,” katanya sembari tertawa.

Selain itu, menu lain yang tak dilewatkan ialah tempe dan tahu bacem yang merupakan masakan khas Jawa Tengah dan Yogya.

Dari sekian banyak jenis makanan dan minuman yang disebutkan, ternyata Jokowi menyukai jus Kedongdong yang tak biasa dikonsumsi orang banyak. Meski demikian, Tri mengaku bahwa baru kali ini Presiden Jokowi mengonsumsi minuman tersebut.

“Belakangan ini bapak itu suka mengonsumsi jus kedongdong. Memang jarang, baru ini saya alami yang mengonsumsi jus kedongdong baru bapak ini,” kata pria asal Karanganyar, Solo tersebut.

“Paling baku kalau pagi bapak itu suka jamu dan teh pahit. Jamunya terdiri dari temulawak, jahe, dan kunyit,” lanjutnya.

Kebiasaan minum jamu tersebut juga memiliki keunikan sendiri. Ternyata Jokowi memiliki mug atau cangkir spesial yang digunakannya untuk meminum jamu yakni cangkir kaleng yang digunakan pada zaman dahulu.

“Cangkir juga beda. Yang zaman dahulu, ada blirik-blirik (bintik) hijau, ada juga yang cokelat. Sekarang sudah jarang dipakai orang-orang. Memang sederhana sekali bapak itu,” tutupnya.

(bens – sisisudia.com)