Home » News » Gempa Berkekuatan 4,4 SR Guncang Wilayah Sumba Barat

Gempa Berkekuatan 4,4 SR Guncang Wilayah Sumba Barat



Waikabubak – Kabupaten Sumba Barat NTT diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,4 SR pada Minggu (28/5/2017).

Gemba Berkekuatan 4,4 SR Guncang Wilayah Sumba Barat

Ilutrasi

Sesuai hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 11.18.50 Wita dengan kekuatan 4.4 skala Richter (SR) dengan episenter terletak pada koordinat 9.63 LS dan 119.55 BT pada kedalaman 25 km.

Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi berupa guncangan kuat dirasakan di daerah Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya dan Waikabubak Kabupaten Sumba Barat, dalam skala intensitas II SIG BMKG (III-IV MMI).

“Di daerah ini guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan cukup banyak orang,” terang Kepala Stasiun Geofisika Waingapu – Sumba Timur, Arief Tyastama.

Terkait peristiwa gempa bumi di Pulau Sumba yang baru saja terjadi, hingga pukul 12.18 Wita belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

“Masyarakat diimbau tetap tenang karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami. Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia di bawah Pulau Sumba,” jelas Arif.

(bens – sisidunia.com)