Home » Gaya Hidup » Memberi Makan Anak Sambil Bermain Akan Mengakibatkan Ini

Memberi Makan Anak Sambil Bermain Akan Mengakibatkan Ini



Jakarta – Biasanya orang tua memberi makan anak sambil mengajaknya bermain atau berjalan-jalan di sekitar rumah agar anak mau makan banyak. Padahal ini tidak disarankan. Yuk simak alasannya.

Memberi Makan Anak Sambil Bermain Akan Mengakibatkan Ini

Ilustrasi

“Makan dan main adalah dua aktivitas yang berbeda. Agar anak dapat berkonsentrasi dengan baik, maka dalam satu waktu harusnya hanya melakukan satu aktivitas,” ujar psikiater anak Dr dr Tjhin Wiguna, SpKJ dalam kegiatan ‘Momen Fun Snacking Melalui Cerelac’ di D’Lab, Jl Riau No1, Menteng, Jakarta Selatan, Rabu (24/5/2017).

Baca juga : Demi Pengetahuan, Dokter Ini Suntikkan Nanah ke Alat Vitalnya

Penting memang menciptakan suasana makan yang menyenangkan dan jangan sampai anak merasa makan adalah paksaan. Akan tetapi bukan juga dengan cara mengajaknya bermain dan berjalan-jalan di sekitar rumah. Jika pemberian makan dilakukan sambil bermain atau berjalan-jalan, maka anak akan rancu memahami kegiatan makan.

Lalu bagaimana agar kegiatan makan menyenangkan tanpa mengajaknya bermain-main? Menurut dr Tjhin, sebaiknya orang tua menciptakan interaksi dengan si anak serta membuatkan makanan yang menarik perhatian anak.

Dengan menghubungkan antara interaksi dan makanan, maka anak merasakan momen yang menyenangkan saat makan. “Saat dia (anak -red) senang, makanan apapun akan terasa enak,” lanjut dr Tjhin.

Dalam kegiatan yang sama, Eka Herdiana, Market Nutritionist PT Nestle Indonesia menambahkan penting sejak dini memberikan nutrisi seimbang bagi si kecil. “98 Persen kebutuhan zat besi anak usia 6-24 bulan harus dipenuhi dari MP-ASI, zat besi adalah nutrisi yang sangat penting,” jelas Eka

(bens – sisidunia.com)