Home » Travel & Kuliner » Kabupaten Lahat Memiliki Situs Megalitik Terbanyak di Indonesia

Kabupaten Lahat Memiliki Situs Megalitik Terbanyak di Indonesia



Lahat – Kabupaten Lahat adalah kabupaten tertua di Sumatera Selatan. Selain pesona air terjun, ada banyak warisan sejarah yang tersimpan di Kabupaten Lahat.

Kabupaten Lahat Memiliki Situs Megalitik Terbanyak di Indonesia

Salah satu situs Megalitik

Saifuddin Aswari Rivai, Bupati Lahat, mengakui wilayah ini memiliki potensi pariwisata terbesar di Sumatera Selatan. Mulai dari potensi budaya, sejarah, peninggalan leluhur, adat istiadat, dan pesona alami. Termasuk peninggalan megalitik.

“Potensi pariwisata masa prasejarah di Lahat ini memiliki peninggalan megalitik terbanyak,” ujar pria yang disapa akrab Kak Wari.

Karena keunikan ini, situs megalitik tersebut menyabet rekor MURI pada 2012 sebagai megalitik paling banyak di Indonesia. Bahkan, Lonely Planet memberikan penghargaan sebagai situs megalitik terbaik se-Indonesia.

Tidak hanya megalitik saja yang menjadi daya tarik pariwisata, tetapi banyak suguhan pemandangan apik. Termasuk bangunan Rumah Adat Bari yang memikat dan dikeliling pepohonan mahoni yang besar.

Kak Wari juga menyebutkan beberapa peninggalan bangunan bernilai sejarah yang patut dieksplorasi oleh wisatawan, di antaranya gereja tertua di Sumatera Selatan, bengkel kereta api terbesar di Indonesia, serta terowongan kereta api terpanjang ke-10 di Indonesia.

“Dengan potensi pariwisata terbesar se-Sumatera Selatan, maka Lahat akan jadi destinasi wisata unggulan Sumsel bahkan dalam skala nasional,” tukasnya.

(bens – sisidunia.com)