Home » Techno » Arkeolog Temukan Sebuah Makam Dari Abad Ke-7

Arkeolog Temukan Sebuah Makam Dari Abad Ke-7



Siberia – Makam kuno yang dipercaya telah ada sejak abad ke-7 hingga abad ke-9 ditemukan oleh arkeolog. Dari hasil penemuan tersebut, peneliti berhasil mendapatkan tulang belulang yang menampilkan posisi yang aneh.

Arkeolog Temukan Sebuah Makam Dari Abad Ke-7

Dilansir Ibtimes, Rabu (24/5/2017), arkeolog menamakan tengkorak itu dengan nama Mikhail dan diyakini berusia 30 tahun ketika ia meninggal. Saat dimakamkan, ia terlihat dalam posisi yang tidak biasa dengan lututnya ke samping seolah sedang menari.

Tim arkeolog bekerja di lokasi melakukan penggalian darurat setelah terjadi banjir serius pada 2013. Mereka menemukan sejumlah kuburan yang dipenuhi tengkorak milik orangtua yang tinggal di abad pertengahan.

Salah satu temuan yang paling membingungkan adalah kerangka yang tampak menari. Ia terbaring telentang dengan kedua kakinya sedikit melintang dan kedua tangannya melintang di panggulnya.

“Dia membuat kami kagum dengan posenya. Dia telah terbaring di punggungnya dengan kedua kakinya terlihat seolah-olah dia sedang menari. Kakinya dilintasi dan dilipat lebar. Tak satu pun dari upacara penguburan yang diketahui termasuk posisi tubuh ini,” kata arkeolog Denis Volkov kepada The Siberian Times.

Analisis telah mengungkapkan bahwa tangan dan kakinya mungkin telah diikat. Para arkeolog juga berhipotesis tentang penyebab kematiannya. Mungkin saja ia ditembak mati oleh anak panah. Namun, kemungkinan posisi kerangka dan adanya panah adalah tanda-tanda ritual penguburan kuno. (bens – sisidunia.com)