Home » Gaya Hidup » Demi Pengetahuan, Dokter Ini Suntikkan Nanah ke Alat Vitalnya

Demi Pengetahuan, Dokter Ini Suntikkan Nanah ke Alat Vitalnya



Jakarta – Di abad ke-18 masih banyak yang tak tahu soal penyakit infeksi menular seksual. Orang-orang yang menderita karena gonore (kencing nanah) dan sifilis dipercaya sebagai kutukan Tuhan.

Demi Pengetahuan, Dokter Ini Suntikkan Nanah ke Alat Vitalnya

Ilustrasi

Dokter John Hunter dari Skotlandia yang pertama kali berusaha membawa pencerahan terhadap masalah tersebut. Hasil studinya bertanggung jawab terhadap studi di masa depan yang membuktikan bahwa gonore dan sifilis disebabkan oleh bakteri berbeda.

John sendiri awalnya beranggapan bahwa gonore dan sipilis memiliki sumber yang sama dan merupakan penyakit bukan kutukan. Ia ingin membuktikan hal tersebut dan bersedia melakukan pengorbanan besar dengan menyuntikkan nanah gonore dari pasien ke penisnya sendiri.

Dikutip dari Medical Daily, John melakukannya karena tidak ada yang mau untuk menjadi kelinci percobaan. John ingin melihat apakah dengan nanah gonore seseorang juga bisa kena sifilis.

Beberapa waktu berlalu John memang terkena gonore dan sifilis. Namun hal ini terjadi karena sampel nanah yang digunakan berasal dari pasien gonore yang juga menderita sifilis.

Teori tentang gonore dan sifilis disebabkan oleh bakteri yang sama ini pun terus dipakai di dunia medis sampai 50 tahun ke depan. Pada akhirnya ilmuwan Prancis Philippe Record membuktikan bahwa hal tersebut keliru. (bens – sisidunia.com)