Home » Gaya Hidup » Spesialis Penyakit Dalam Menebut Durian Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Naik

Spesialis Penyakit Dalam Menebut Durian Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Naik



Jakarta – Anda termasuk orang yang hobi makan durian? Jika iya, maka Anda harus mewaspadai ancaman tekanan darah tinggi setelah makan durian.

Spesialis Penyakit Dalam Menebut Durian Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Naik

Durian

Tidak ada yang meragukan kelezatan dari si raja buah ini. Tapi, jika dikonsumsi berlebihan, durian dapat menyebabkan tekanan darah seseorang melonjak, sehingga bisa membahayakan kesehatan.

Wakil Ketua Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi) dr Ari Fahrial Syam MD, PhD, FACP menjelaskan, durian itu mengandung kalori yang cukup tinggi. Dalam 1 buah saja kita bisa makan 1.000 sampai 2.000 kalori, kalau kita makan normal saja itu 500 sampai 700 kalori.

“Pada saat jumlah kalori tersebut kita konsumsi dalam waktu singkat, maka itu akan memberikan beban pada jantung bekerja lebih kuat. Pada saat jantung bekerja lebih kuat, tekanan darah bisa tinggi,” kata dr Ari di Gedung Direktorat Jenderal P2P, Jl. Percetakan Negara, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Karenanya, dikatakan dr Ari bahwa banyak pasien-pasien yang tekanan darahnya naik atau terkena serangan stroke setelah makan durian. Terlebih lagi jika durian dikombinasikan dengan kopi, maka bertambah lagi bebannya terhadap jantung.

“Kopi itu kan mengandung kafein, sehingga beban memompa jantungnya lebih tinggi lagi. Karena kalau kafein tinggi itu akan membuat kerja jantung menjadi lebih berat,” pungkasnya.