Home » News » Penyerapan Anggaran 2017 Lebih Rendah Dibanding Tahun Sebelumnya

Penyerapan Anggaran 2017 Lebih Rendah Dibanding Tahun Sebelumnya



Jakarta – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyebut penyerapan anggaran 2017 hingga Mei ini lebih rendah dibandingkan penyerapan anggaran pada bulan yang sama 2016.

Penyerapan Anggaran 2017 Lebih Renda Dibanding Tahun Sebelumnya

Djarot Saiful Hidayat

“Penyerapan anggaran kemarin memang lebih rendah sedikit daripada tahun yang lalu di bulan yang sama,” ujar Djarot di Balai Kota Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Baca juga : Janji Kampanye, Putra Amien Rais Tagih Penolakan Reklamasi Teluk Jakarta

Meskipun lebih rendah sedikit, Djarot mengatakan penyerapan anggaran lewat belanja langsung hingga Mei ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

“Yang membedakan adalah sekarang serapan anggaran untuk pengeluaran langsung lebih besar. Ini bagus,” kata Djarot.

Justru pada belanja tidak langsung hingga Mei 2017 yang lebih rendah dibandingkan penyerapan anggaran untuk belanja tidak langsung pada Mei 2016.

“Anggaran tidak langsung lebih kecil daripada bulan yang sama tahun sebelumnya. Ini bagus karena paling gampang menyerap anggaran belanja tidak langsung,” ucap Djarot.

Belanja langsung merupakan penggunaan anggaran untuk pelaksanaan program-program yang bersifat tidak tetap.

Sementara belanja tidak langsung merupakan pengeluaran rutin Pemprov DKI seperti untuk gaji pegawai, biaya operasional, dan biaya pemeliharaan. Biasanya anggaran paling mudah terserap lewat belanja tidak langsung.

APBD DKI tahun 2017 sebesar Rp 70,19 triliun dan hingga saat ini baru terserap 12 persen. (bens – sisidunia.com)