sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Wacana Pembangunan Patung Kuntilanak Sebagai Ikon Kota Pontianak

Wacana Pembangunan Patung Kuntilanak Sebagai Ikon Kota Pontianak



Jakarta – Setiap kota besar pasti memiliki patung yang menjadi ikon. Di Surabaya ada patung Sura dan Buaya, di Singapura ada patung Merlion, di Kuching (Malaysia) ada patung Kucing, di New York City ada patung Liberty, di Jakarta bahkan memiliki banyak patung.

Wacana Pembangunan Patung Kuntilanak Sebagai Ikon Kota Pontianak

Gambar ilustrasi

Kota Pontianak juga tak mau kalah dengan kota-kota besar lainnya. Sebuah wacana pembangunan patung di Ibu Kota Kalimantan Barat itu pun mengemuka.

Baca juga : Berniat Untuk Pemanasan, Seorang Pendaki Tersesat di Gunung Panderman

Bukan sembarang patung yang bakal berdiri di kota yang terletak tepat di garis Khatulistiwa itu. Sosok hantu kuntilanak yang diusulkan.

Lewat akun facebook Bang Midji, Wali Kota Pontianak Sutarmidji juga mempertanyakan wacana tersebut. Seraya berseloroh, Sutarmidji menantang warga untuk memberi ide bentuk patung itu.

“Ada yg ingin bangun patung KUNTILANAK, saya terus terang aja dari dulu mikir nih, gimana modelnya ya, soalnya saya belum pernah ketemu, terus kalau dibuat lalu ada yg mirip dengan patung yg dibuat kan bisa marah dia nya atau kuntilanak malah protes nantinya…..ayo ada yg punya ide atau pandangan tentang wacana dinas Disporapariwisata propinsi yg ingin buat patung Kuntilanak…atau ada yg pernah liat atau punya gambaran Kuntilanak, tapi kalau yg merasa mirip jangan koment disini ye…….. .he he he,” tulis dia pada 9 Januari 2017.

Akun facebook itu memang tidak bercentang biru tanda terverifikasi. Namun di situ tercantum alamat situs bangmidji.com yang merupakan laman resmi tentang dirinya.

Sutarmidji tak menyebutkan dari mana wacana patung kuntilanak itu berasal. Namun sebuah media asing, Dailymail, menyatakan bahwa wacana itu datang dari Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat Kartius.

Sejumlah media lokal di Kalimantan Barat juga ramai membahas wacana dari Kartius sejak Januari 2017 lalu. Tentu saja wacana pembangunan tugu Kuntilanak menuai kontroversi.

Dikutip dari berbagai sumber, wacana patung tersebut akan berdiri setinggi 100 meter. Jika terealisasi bahkan patung itu bakal lebih tinggi dari Patung Liberty.

Nantinya untuk bisa naik ‘Kuntilanak raksasa’ itu, pengunjung harus membayar Rp 50.000. Kartius beralasan bahwa pembangunan patung tersebut guna meningkatkan pariwisata lokal.

Kuntilanak merupakan sosok hantu berwujud mirip perempuan berambut panjang dengan pakaian putih. Sosok ini identik dengan asal usul Kota Pontianak.

Pada tahun 1771, Syarif Abdurrahman Alkadrie menyusuri Sungai Kapuas guna mencari lokasi yang tepat untuk membangun Istana Kadriah. Akhirnya ia sampai di sebuah hutan belantara.

Alkadrie kemudian membuka lahan di hutan tersebut. Namun para pekerja saat itu diganggu oleh sosok makhluk halus berwujud perempuan berambut panjang.

Sultan Alkadrie kemudian menembakkan meriam untuk menakuti sosok hantu yang dikenal dengan Kuntilanak tersebut. Singkat cerita, Alkadrie akhirnya memberi nama lokasi itu dengan nama Pontianak yang berarti mirip dengan Kuntilanak. (bens – sisidunia.com)