Home » Gaya Hidup » Kelas Menjadi Tempat Favorit Para Remaja Mengupil

Kelas Menjadi Tempat Favorit Para Remaja Mengupil



Jakarta – Istilah medis rhinotillexomania atau yang sering disebut mengupil menjadi hal yang sering dilakukan banyak orang. Meski terlihat jorok dan menjijikkan, studi berhasil menunjukkan perilaku ini termasuk kebiasaan yang lazim.

Kelas Menjadi Tempat Favorit Para Remaja Mengupil

Ilustrasi mengupil

Peneliti dari AS Thompson dan Jefferson melakukan studi ilmiah terkait mengupil. Peneliti mengirim survei lewat pos ke 1.000 warga di Dane County dan Wisconsin. Peneliti mendapatkan 254 jawaban dari survei tersebut.

Baca juga : Benarkah Alergi Dapat Muncul Ketika Anak Sudah Dewasa ?

Hasil survei menunjukkan, sekitar 91 persen responden mengaku pernah mengupil. Namun, hanya ada 1,2 persen individu yang mengaku melakukan kebiasaan ini, setidaknya setiap satu jam sekali. Peneliti menarik kesimpulan mengupil merupakan kebiasaan dari masing-masing individu.

Mengutip BBC, Rabu (16/5/2017) lima tahun setelah penelitian itu, dokter Chittaranjan Andrade dan BS Srihari dari National Institute of Mental Health and Neurosciences Bangalore, India, melihat bahwa kebiasaan ini lebih sering dilakukan oleh individu pada usia remaja dibandingkan orang dewasa.

Survei lanjutan menemukan remaja lebih sering mengupil saat di ruang kelas dan tempat-tempat yang memungkinkan mereka untuk menggapai hidungnya. Survei ini juga mendapatkan 7,6 persen dari 200 siswa yang mengaku mengupil 20 kali setiap hari.

Menurut mereka, mengupil membersihkan kotoran dalam hidung. Uniknya, hanya 12 persen dari remaja mengaku menemukan sensasi enak dari mengupil. (bens – sisidunia.com)