Home » News » Inilah Langkah Aman Agar Terhindar Dari Ransomeware WannaCry

Inilah Langkah Aman Agar Terhindar Dari Ransomeware WannaCry



Jakarta – Serangan ransomware WannaCry yang menyandera data di komputer memang cukup menyeramkan. Namun, ada langkah aman yang bisa dilakukan agar terhindar dari serangan tersebut.

Inilah Langkah Aman Agar Terhindar Dari Ransomeware WannaCry

Ransomeware WannaCry

Langkah ini, dikatakan oleh Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, bisa menjadi upaya pengendalian penyebaran malware tersebut.

Baca juga : Hadir dengan Spesifikasi Lengkap dan Desain Unik, Meitu M8 Akan Hadir dalam Jumlah Terbatas

“Bisa dikendalikan, asalkan mengikuti langkah-langkah yang kami sebarkan semenjak hari minggu kemarin,” ungkap pria yang akrab disapa Semmy tersebut melalui pesan sinkatnya, Selasa (16/5/2017).

Seperti yang diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memberikan imbauan serta tips kepada masyarakat melalui media sosial.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh pengguna ialah dengan memutuskan koneksi internet untuk sementara waktu. Setelah itu pindahkan atau cadangkan data penting di dalam komputer ke drive penyimpanan lain.

Mereka juga mengimbau agar masyarakat melakukan update sistem keamanan di Windows dengan patch MS17-010. Unduhan tersebut sebaiknya diambil dengan menggunakan perangkat lain yang tak berpotensi terinfeksi.

Kemudian, gunakan antivirus yang memiliki sistem proteksi terhadap serangan ransomware. Anda juga diimbau untuk menonaktifkan fungsi SMB atau Server Message Block dan jangan menggunakan fungsi Macros serta memblokir port 139/445 dan 3389. (bens – sisidunia.com)