Home » Gaya Hidup » Benarkah Alergi Dapat Muncul Ketika Anak Sudah Dewasa ?

Benarkah Alergi Dapat Muncul Ketika Anak Sudah Dewasa ?



Jakarta – Umumnya alergi muncul pada masa kanak-kanak. Lantas, benarkah alergi bisa muncul tiba-tiba ketika sudah dewasa?

Benarkah Alergi Dapat Muncul Ketika Anak Sudah Dewasa ?

Ilustrasi alergi

“Itu (alergi) bukan muncul tiba-tiba. Tapi sudah ada bakat pencetus dari lahir,” ucap Dr dr Zakiudin Munasir, SpA(K) dalam acara Platinum Kids Olympics For Morinaga Allergy Week di Lapangan Aldiron, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Minggu (14/5/2017).

Dr Zaki menyampaikan, bahwa alergi bisa muncul saat anak melakukan kontak dengan pencetus tersebut. Misalnya, anak tidak mengetahui memiliki bakat alergi udang karena memang sejak kecil dibasi konsumsinya. Saat dewasa ia baru mengonsumsi udang dan muncullah reaksi alergi.

Alergi yang semacam ini tidak bisa dikatakan muncul tiba-tiba. Namun hal tersebut karena seseorang baru mengonsumsi pencetus alergi tersebut.

“Makanya orang tua jangan membatasi anak nggak boleh makan ini dan itu. Kan nggak tahu kita anak alergi apa,” sambung dokter kelahiran Mojokerto ini.

“Selain itu anak juga kalau dibatasi ini-itu bisa nggak berkembang nanti,” imbuh dr Zaki.

Dr Zaki lebih menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan saat mencurigai anak mengalami alergi daripada membatasi makananya. Membatasi makanan dikhawatirkan malah akan berpengaruh pada tumbuh kembang. (bens – sisidunia.com)