sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Mudah Lapar ? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya !

Mudah Lapar ? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya !



Jakarta – Salah satu syarat agar memiliki gaya hidup yang sehat adalah dengan memiliki waktu istirahat yang cukup alias tidur. Namun sayangnya saat ini semakin banyak orang yang menganggap bahwa tidur merupakan salah satu aktivitas yang sangat sepele sehingga tak sedikit orang yang mengurangi waktu untuk tidur.

Mudah Lapar ? Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya !

Ilustrasi

Padahal dengan tidur yang cukup keseimbangan fungsi tubuh, terutama otak, dapat dijaga. Bila kebutuhan tidur seseorang terganggu, maka dampaknya bisa bermacam-macam, termasuk ke perubahan nafsu makan seperti yang ditunjukkan studi para peneliti dari University of Leeds.

dr Eleanor Scott selaku pemimpin studi melakukan eksperimen dengan meminta responden mengikuti jadwal tidur tertentu. Selama dua malam responden diminta tidur normal, dua malam kemudian tidur tiga jam lebih telat dari biasa, dan dua malam terakhir tidur kapan saja sesukanya.

Tingkat aktivitas dan gula darah para responden selalu diukur selama studi berlangsung.

Baca juga : Kekebalan Tubuh Menurun Jika Tidur Kurang Dari 8 Jam

Hasilnya diketahui ketika para responden kekurangan tidur maka nafsu makannya naik. Gula darah mereka memuncak hingga ke titik nyaris seperti yang ditemukan pada penyandang diabetes tipe 2.

Menurut dr Eleanor, hal ini terjadi karena pengaruh kurangnya tidur terhadap hormon tubuh.

“Ketika kita kurang tidur maka nafsu hormon yang mengatur nafsu makan akan terpengaruh. Dampaknya kita akan lebih mudah merasa lapar dan sulit kenyang,” ungkap dr Eleanor seperti dikutip dari BBC, Jumat (12/5/2017).

“Selain itu bila Anda masih bangun padahal seharusnya sudah tidur maka hormon stres, kortisol, akan meningkat. Hal ini juga bisa memengaruhi gula darah Anda esok harinya,” pungkas dr Eleanor.
(Muspri-sisidunia.com)