Home » Techno » Androidmu Lambat ? Coba Atasi dengan Cara Ini !

Androidmu Lambat ? Coba Atasi dengan Cara Ini !



Jakarta – Smartphone Android disukai banyak orang pasalnya kinerja ponsel pintar ini yang bisa dikatakan dapat multitasking sesuai dengan keinginan kita. Kita dapat menginstall banyak aplikasi yang dibutuhkan dalam ponsel pintar untuk memudahkan pekerjaan kita.

Androidmu Lambat ? Coba Atasi dengan Cara Ini !

Ilustrasi

Multitasking yang dapat dilakukan oleh sebuah ponsel pintar berbasis android salah satunya seperti memeriksa email masuk dan keluar, browsing informasi terkini, mendengarkan musik terbaru, berseluncur di media sosial, dan masih banyak lagi.

Namun tak banyak orang yang menyadari bahwa multitasking yang dilakukan pada ponsel pintar berbasis android ini juga dapat membuat kinerja android menjadi lambat. Misal, lambatnya kinerja saat ponsel membuka sebuah aplikasi atau ketika perpindahan antar layar juga sangat lambat. Hal ini tentu mengganggu dan banyak dikeluhkan oleh pengguna.

Lalu, apakah kita harus mengganti perangkat Android? Jawabannya tentu saja tidak, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk membuat Android kamu kembali berjalan dengan lancar. Mengutip laporan Android Central, Minggu (7/5/2017), ada beberapa tips untuk mengatasinya :

1. Bersihkan Ruang Penyimpanan Internal
Kalau kamu tak pernah membersihkan ponsel, imbasnya adalah ruang penyimpanan internal jadi makin sempit karena begitu banyak data yang menumpuk di dalamnya.

Baca juga : Hasil Riset Penunjukkan Penjualan Tablet Kian Tergerus

Contohnya kamu mengunduh sebuah file film, file ini akan secara otomatis disimpan pada folder Download yang ada di ruang penyimpanan internal.

Kalau kamu tak memindahkan atau menghapusnya setelah menonton, tentunya ruang penyimpanan di ponsel makin berkurang, kinerja Android pun jadi lambat. Cara terbaik adalah dengan membersihkan (menghapus) file atau data yang tak lagi dibutuhkan.

Kamu juga bisa memindahkan files tersebut ke ruang penyimpanan eksternal (memory card/ microSD card) sehingga ruang penyimpanan lebih lega. Usahakan juga untuk menghapus file residu dari aplikasi yang sudah kamu hapus sebelumnya.
Penting diingat, saat kamu masuk ke memori internal dan ada folder atau file yang tak kamu ketahui apa gunanya, lebih baik jangan hapus file tersebut.

2. Bersihkan Data Cache
Data cache sebenarnya adalah hal yang baik karena bisa menyimpan berbagai data dari aplikasi ke ruang penyimpanan internal. Dengan data cache yang sudah tersimpan, kamu tak perlu waktu lama ketika membuka sebuah aplikasi.

Sayangnya, ketika kapasitas data cache sudah terlalu banyak tersimpan pada ruang penyimpanan internal, kinerja Android jadi lamban. Karenanya, beberapa aplikasi ada yang didukung oleh fitur pembersih data cache.

Namun jika tidak, kamu tetap bisa membersihkan data cache dari aplikasi. Caranya, masuk ke Setting pada Android, pilih Applications, kemudian pilih Application Manager dan pilih aplikasi yang ingin dibersihkan.

Misalnya kamu ingin membersihkan cache pada aplikasi Instagram, pada Application Manager pilih aplikasi Instagram, kemudian klik clear cache untuk menghapus data yang tak terpakai.
(Muspri-sisidunia.com)