Home » Techno » Hasil Riset Penunjukkan Penjualan Tablet Kian Tergerus

Hasil Riset Penunjukkan Penjualan Tablet Kian Tergerus



California – Pada kisaran tahun 2010, selain penjualan smartphone juga sedang marak penjualan tablet. Tablet merupakan perangkat sejenis smartphone dimana menggunakan layar lebar berkisar antara 5-10 inch.

Hasil Riset Penunjukkan Penjualan Tablet Kian Tergerus

Ilustrasi

Karena masih dianggap sebagai jenis barang baru, penjualan tablet sangat digemari dan tak sedikit orang beramai-ramai membeli tablet tersebut. Terlebih lagi dengan layarnya yang lebar dapat melihat pemutaran streaming film dan bermain game yang seru.

Namun kini penjualan perangkat tablet diprediksi terus melemah. Jika penurunan bersifat konsisten, pasar tablet dipastikan akan kian tergerus.

Hasil Riset Penunjukkan Penjualan Tablet Kian Tergerus

Hasil riset penjualan tablet

Berdasarkan laporan terbaru dari perusahaan riset International Data Corporation (IDC), penjualan tablet global hanya mampu menyentuh angka 36,2 juta unit pada kuartal pertama 2017. Setelah dikalkulasikan, jumlah penurunan berkisar sebanyak 8,5 persen dari tahun ke tahun. Demikian dikutip Business Insider pada Selasa (9/5/2017).

Baca juga : Nokia Akan Rilis Tablet Dengan Ukuran Jumbo ?

Lembaga riset Statista juga menunjukkan, fenomena tersebut adalah penurunan paling rendah sejak kuartal ketiga 2012. IDC menilai, lemahnya penjualan tablet disinyalir akibat fungsionalitas dari tablet itu sendiri.

Apalagi, kini sudah banyak hadir smartphone berlayar besar dan laptop layar sentuh. Persaingan perangkat ini, jelas membunuh eksistensi perangkat tablet secara perlahan.

Penjualan tablet tertinggi, mirisnya hanya terjadi pada kuartal pertama 2014. Kala itu, penjualan nyaris menyentuh angka 80 juta unit. Namun setelahnya, penjualan langsung menurun hingga 50 juta unit di kuartal kedua 2014.
(Muspri-sisidunia.com)