Home » Gaya Hidup » Beberapa Makanan Ini Berbahaya Bila Dimakan Anjing. Apa saja ?

Beberapa Makanan Ini Berbahaya Bila Dimakan Anjing. Apa saja ?



Jakarta – Binatang yang bernama anjing ini biasanya disebut dengan sahabat para manusia. Maka tak heran banyak orang yang lebih senang memelihara anjing daripada binatang yang lainnya.

Beberapa Makanan Ini Berbahaya Bila Dimakan Anjing. Apa saja ?

Ilustrasi

Terlebih lagi anjing termasuk salah satu binatang yang pintar dan dapat dilatih untuk menuruti perintah manusia. Selain itu, tingkah dan wajah anjing yang menggemaskan seringkali membuat hati manusia menjadi luluh saat melihatnya.

Memelihara anjing sebagai binatang peliharaan dirumah juga memerlukan perhatian yang lebih. Pasalnya tak semua makanan dapat langsung diberikan pada anjing karena ada zat-zat berbahaya apabila sampai dimakan oleh anjing.

Ada puluhan zat yang sama berbahayanya bagi kesehatan mereka jika dikonsumsi. Berakibat pada keracunan berujung kematian.

Hal itu bisa terjadi karena kurangnya pengetahuan si pemilik tentang makanan yang sebenarnya beracun bagi hewan, meski tak berbahaya bagi manusia.
Seperti dikutip dari Daily Mai pada Sabtu (6/5/2017), pemaparan jenis makanan berbahaya bagi anjing itu ditulis oleh Emma Hammet, pendiri organisasi bernama First Aid for Pets, dalam The Hippocratic Post. Berikut ini ulasannya:

1. Coklat
Cokelat mengandung suatu zat stimulan, yaitu theobromine yang sifatnya setara dengan kafein. Zat tersebut beracun bagi anjing. Theobromine terutama berdampak pada jantung, sistem syaraf pusat, dan ginjal. Kandungan theobromine berbeda-beda sesuai dengan jenis cokelat. Cokelat gelap mengandung paling banyak zat itu dan, sebaliknya, cokelat putih mengandung paling sedikit. Gejalanya muncul 4 hingga 24 jam setelah anjing menyantap cokelat, dan tergantung seberapa banyak yang dikonsumsi.

Baca juga : Demi Ganti Kelamin, Anjing Ini Jalani Operasi

2. Bawang
Bawang bersifat racun bagi anjing dan kucing. Yang mengkhawatirkan, tanda-tanda keracunan baru muncul beberapa hari setelah hewan-hewan itu menyantapnya sehingga pemilik tidak langsung menyadari. Semua bentuk sajian bawang akan membuat hewan sakit, termasuk bawang yang sudah dikeringkan dan bawang mentah maupun masak. Jadi berhati-hatilah membuang sisa piza, makanan China, ataupun makanan India. Bahkan beberapa jenis makanan bayi yang mengandung bubur bawang. Keluarga tanaman bawang menyebabkan gangguan pencernaan dan dapat menjurus kepada kerusakan sel darah merah. Pastikan bahwa bawang tidak dijangkau oleh hewan peliharaan.

3. Tulang Masak
Secara khusus, tulang yang telah dimasak berbahaya bagi anjing. Alasannya, karena makanan itu akan menjadi getas dan menyerpih sehingga dapat mengakibatkan efek mencekik atau merobek hingga ke saluran pencernaan. Tulang-tulang kecil bisa tersangkut dalam usus besar sehingga seringkali menyebabkan sembelit.

4. Susu
Susu dan produk-produk susu dapat menyebabkan diare, karena anjing kesulitan mencerna laktosa, zat yang ada dalam susu.
(Muspri-sisidunia.com)