Home » News » Mantan Kapolri Widodo Budidarmo Tutup Usia

Mantan Kapolri Widodo Budidarmo Tutup Usia



Jakarta – Seluruh jajaran dari korps Bhayangkara kini tengah berduka. Pasalnya mantan Kapolri Widodo Budidarmo telah menghembuskan nafas terakhirnya pada hari jumat (05/05/2017) pukul 02.45 WIB dini hari kemarin. Widodo Budidarmo meninggal dunia pada usia 89 tahun di Rumah Sakit Medistra Jakarta.

Mantan Kapolri Widodo Budidarmo Tutup Usia

Widodo Budidarmo

“Iya benar, tadi pagi beliau meninggal. Ini rencananya mau ke rumah duka,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, Jumat (5/5/2017) kemarin.

Setyo menyatakan, Widodo meninggal karena sakit. Saat ini jenazah tengah di rumah duka, Jalan Hangtuah VI Jakarta.
“Rencananya akan dimakamkan hari sabtu (06/05/2017) pukul 14.30 WIB di TMP Kalibata,” ujar dia.

Widodo merupakan kapolri ketujuh (26 Juni 1974 – 25 September 1978). Salah satu prestasi Widodo Budidarm adalah ketika Polri sepakat mendirikan kantor bersama 3 instansi (Samsat) di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Pada masa Widodo Budidarmo pula pemerintah mengeluarkan UU No. 9 tentang Narkotik, tertanggal 26 Juli 1976. Widodo Budidarmo dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan sederhana di kalangan Polri.

Baca juga : Polisi Temukan Titik Terang Identitas Pelaku Penyerangan Novel Baswedan

“Saya kenal beliau (Widodo) setelah tidak jadi Kapolri karena beliau jadi Kapolri tahun 1974. Tapi secara pribadi beliau orangnya humble dan sederhana,” kata Setyo Wasisto.

Setyo mengatakan saat menjabat sebagai Kapolri, Widodo telah meningkatkan kinerja korps Bhayangkara. Widodo merupakan sosok pencetus lahirnya Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) untuk mempercepat pelayanan masyarakat.

“Samsat, pencetus samsat, Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap, ada Jasa Raharja, Pemda dan lain-lain,” ujar dia.

Setyo mengatakan saat pensiun Widodo dikenal memiliki hobi berburu. Widodo kerap berburu babi hutan di berbagai daerah.
(Muspri-sisidunia.com)