Home » News » Seorang Jukir Dijatuhi Hukuman Penjara 12 Tahun Lantaran Dituduh Menjadi Begal

Seorang Jukir Dijatuhi Hukuman Penjara 12 Tahun Lantaran Dituduh Menjadi Begal



Jakarta – Hukuman penjara 12 tahun diberikan kepada seorang juru parkir lantaran dituduh melakukan aksi begal. Agus Herjanto mengaku tidak pernah melakukan aksi kejahatan tersebut.

Seorang Jukir Dijatuhi Hukuman Penjara 12 Tahun Lantaran Dituduh Menjadi Begal

Gambar ilustrasi

Bunga Siagian yang merupakan salah satu pengacara Agus Herjanto dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) mengaku menyayangkan ancaman pada kliennya ini.

Baca juga : Tragis, Pengusaha Wanita Ditemukan Tewas Di Rumahnya Bersimbah Darah

“Agus Herjanto merupakan seorang tukang parkir, berpendidikan rendah dan berasal dari keluarga yang tidak mampu,” jelasnya,Jumat (05/05/2017).

Menurutnya, ancaman hukuman tersebut menjadi pukulan keras bagi keluarga Agus. Bahkan menurut Bunga sebelumnya Agus ditangkap secara tidak sah dan diperlakukan tidak manusiawi. Namun karena ia buta hukum, Agus hanya mengikuti arahan dari Kepolisian yang menurutnya telah menyiksa Agus untuk mendapatkan pengakuan.

“Meskipun ia sudah berkali-kali tidak mengakui melakukan tindakan begal tersebut. Kepolisian tetap melimpahkan berkas perkara ke kejaksaan dan alhasil Agus Herjanto duduk di meja hijau, didakwakan dengan tindakan yang tidak pernah dilakukannya,” jelas Bunga.

Selain itu, Bunga mengaku pada persidangan sudah terbukti bahwa Agus Herjanto sejak awal tidak pernah berada di tempat kejadian. Menurutnya, pada hari kejadian, ia sedang bermain futsal bersama teman-temannya. Terlebih lagi, diketahui dalam persidangan bahwa saksi korban saling mengungkapkan keterangan yang berkontradiksi.

“Jaksa Penuntut Umum juga menghadirkan saksi yang tidak masuk dalam kualifikasi saksi. Setelah rangkaian proses pembacaan tuntutan dan nota pembelaan pada pekan lalu, sekarang saatnya pembacaan putusan,” tutup Bunga.

(bens – sisidunia.com)