Home » News » Imbauan Taman Nasional Komodo Terkait Turis Singapura Digigit Komodo

Imbauan Taman Nasional Komodo Terkait Turis Singapura Digigit Komodo



Jakarta – Menjadi pembelajaran bagi banyak pihak, kejadian turis Singapura yang tergigit Komodo. Pihak Taman Nasional Komodo punya imbauan khusus terkait hal tersebut.

Imbauan Taman Nasional Komodo Terkait Turis Singapura Digigit Komodo

Turis Singapura yang digigit komodo

Komodo menjadi primadona wisata yang menarik wisatawan. Hanya saja, reptil yang satu ini memang terkenal ganas.

Oleh sebab itu, pihak Taman Nasional Komodo denga tegas mengimbau setiap wisatawan yang datang berkunjung untuk membeli tiket dan menyewa jasa ranger.

Baca juga : Dengan Iming-iming Roti, Kakek di Batam Cabuli Bocah 8 Tahun

“Imbauan kita harus ikuti aturan dari taman nasional karena peraturannya kan sudah jelas ya, ketika berkunjung ya harus beli tiket ada pendampingan,” ujar Kepala Taman Nasional Komodo, Sudiyono saat dihubungi via telepon, Jumat (5/5/2017).

Tujuannya tentu jelas, agar tidak terjadi kejadian serupa seperti yang menimpa turis asal Singapura yang belum lama terjadi. Seandainya turis itu taat aturan dan membeli tiket, kejadian itu tentu dapat ditanggulangi.

Aturan penting di Taman Nasional Komodo adalah dilarang jalan sendirian. Baik sedang di Pulau Komodo, Pulau Padar atau Pulau Rinca, pengunjung harus selalu ditemani oleh pemandu yang merupakan penduduk setempat. Para pemandu sudah tahu tentang keamanan dan bagaimana menghindari komodo.

“Jadi kejadian semacam itu harusnya bisa dihindari jika taat pada aturan-aturan yang ada,” tutup Sudiyono.

(bens – sisidunia.com)