Home » Gaya Hidup » Mbah Gotho Bagikan Resep Panjang Umur Sebelum Tutup Usia

Mbah Gotho Bagikan Resep Panjang Umur Sebelum Tutup Usia



Sragen – Manusia tertua di dunia yang bernama Mbah Gotho baru saja meninggal dunia di usianya yang baru saja genap 146 tahun. Pria bernama asli Sodimejo, wafat pada Minggu, 30 April 2017, sore di kediamannya, Dukuh Segaran, Desa Cemeng, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Mbah Gotho Bagikan Resep Panjang Umur Sebelum Tutup Usia

Mbah Gotho

Semasa hidup, Mbah Gotho tak hanya menarik perhatian masyarakat Indonesia, tapi juga dunia. Bagaimana tidak? Usianya jauh melampaui angka harapan hidup penduduk Indonesia (70 tahun). Pria yang usianya nyaris 1,5 abad ini tetap bugar dan bisa berkomunikasi dengan baik.

Meski kini telah tiada, ada “warisan” hidup yang bisa diteladani dari Mbah Gotho. Bahkan bisa jadi itu merupakan resep bugar dan panjang umur ala Mbah Gotho: Sabar dan nrimo. Dua hal itu yang jadi pegangan pria asal Sragen ini menjalani kehidupan.

Para ahli sepakat bahwa panjang umur dikaitkan dengan beberapa faktor, salah satunya psikologis. Kemampuan Mbah Gotho bersikap sabar dan menerima semua keadaan dengan lapang dada menunjukkan kesehatan mental yang sangat baik.
Kesabaran Mbah Gotho dibuktikan dengan tak pernah marah atau melakukan kekerasan fisik pada istri maupun anak-anaknya.

Baca juga : Pasien Progeria Tertua Didunia Berusia 21 Tahun ?

“Tak pernah sekali pun saya marah atau memukul anak dan istri,” ujar Mbah Gotho. “Karena itu, sudah saya rasakan sendiri. Saya kalau mau pukul orang itu, badan saya, saya pukul dulu. Sakit enggak? Kalau sakit, jangan pukul,” ia menambahkan.

Terdengar sederhana, tapi sarat makna. Rasanya tak ada salahnya bila “warisan” Mbah Gotho ini coba kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, bukan? Setidaknya bersikap sabar dan ikhlas bisa mengurangi kadar stres secara signifikan, dengan begitu semoga usia panjang pun jadi bonus.
(Muspri-sisidunia.com)