Home » News » Digelandang Polisi ke KPK, Miryam Haryani Lontarkan Senyum Lebar

Digelandang Polisi ke KPK, Miryam Haryani Lontarkan Senyum Lebar



Jakarta – Seorang politikus yang merupakan kader dari Partai Hanura baru saja ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari senin (01/05/2017) dini hari kemarin disalah satu hotel di kawasan Jakarta Selatan.

Digelandang Polisi ke KPK, Miryam Haryani Lontarkan Senyum Lebar

Miryam S Haryani saat hendak dibawa ke KPK

Senyuman tidak lepas dari bibir Miryam Haryani saat diserahkan polisi ke penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi. Anggota DPR dari Fraksi Hanura itu terlihat tegar. Miryam mengaku kabur karena kaget atas status tersangka yang ditetapkan oleh KPK.

“Yang bersangkutan pergi karena ditetapkan tersangka. Katanya cukup kaget karena ditetapkan tersangka,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (1/5/2017).

Tidak hanya itu, kuasa hukum Miryam, Aga Khan, sebelumnya membantah kliennya melarikan diri. “Bukan melarikan diri. Miryam tuh masih kalut. Klien saya kena Pasal 22, keterangan palsu. Dalam sejarah KPK berdiri (penggunaan pasal itu) baru ini. Makanya kita sebenarnya keberatan dengan kasus (status) tersangka ini,” ujar Aga Khan.

Setelah menjalani rangkaian pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Miryam akhirnya dibawa ke KPK. Miryam yang terbalut busana bermotif garis-garis ini tiba di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan, sekitar pukul 15.58 WIB. Miryam tiba di KPK dengan kawalan ketat polisi menggunakan Fortuner B-120-CRV.

Wajah Perempuan yang berstatus tersangka kasus dugaan memberi keterangan tidak benar atau keterangan palsu dalam persidangan korupsi e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto itu tampak tenang. Tidak terlukis guratan kekalutan dalam mimik Miryam.

Baca juga : Kapolda Metro Jaya Umumkan Penangkapan Politikus Partai Hanura

Hanya senyuman yang terus ditebarkan Miryam yang ditangkap polisi di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan pada pukul 00.20 WIB. Dia bahkan mantap melangkahkan kaki menuju ke dalam gedung lembaga antirasuah itu . Tidak ada kata-kata yang dilontarkan Miryam yang sempat buron selama lima hari itu.

Tidak hanya di KPK, Miryam sebelumnya sempat berfoto saat ditangkap polisi dan dimintai keterangan di Polda Metro Jaya. Dia berpose sambil bertopang dagu dan tersenyum.

Dikesempatan berbeda, kuasa hukum Miryam, Aga Khan menilai senyuman kliennya karena penangkapan tersebut sangat dagelan. Kliennya tak percaya polisi akan melakukan penangkapan setelah ditetapkan buronan KPK.

“Dia (Miryam) merasa kayak dagelan saja dibuat sama KPK dari penetapan tersangka, DPO terus ditahan,” kata Aga Khan saat berbincang, Selasa (2/5/2017).

Selain itu, kata Aga Khan, saat kliennya diperiksa penyidik KPK juga tertawa. Miryam juga tak menjawab pertanyaan penyidik saat dilakukan berita acara pemeriksaan (BAP).

“Tadi Bu Miryam mau ketawa saat di BAP, kamu tahu enggak Bu Miryam jawabnya begini, semua pertayaan saya akan jawab disidang makanya langsung ditutup dan ditahan,” tutup Aga.
(Muspri-sisidunia.com)