Home » News » Bus Pariwisata Yang Mengalami Kecelakaan Diperiksa Polisi

Bus Pariwisata Yang Mengalami Kecelakaan Diperiksa Polisi



Cianjur – Polisi memeriksa bus pariwisata Kitrans yang mengalami kecelakaan maut di Ciloto, Puncak, Jawa Barat. Polisi berhasil menemukan bagian rem piston tidak berfungsi.

Bus Pariwisata Yang Mengalami Kecelakaan Diperiksa Polisi

Gambar ilustrasi

“Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengecekan, Sistem rem piston depan kiri kanan tidak berfungsi sama sekali,” ujar Dirlantas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Tomex Korniawan di lokasi, Minggu (30/4/2017) malam.

Tomex mengatakan, rem tersebut tidak berfungsi sebelum terjadinya kecelakaan. Bagian rem piston tidak mampu mengerem secara otomatis sehingga menyebabkan kecelakaan yang merenggut 11 nyawa.

“Tidak berfungsinya itu sebelum terjadi kecelakaan sehingga pistonnya tidak berfungsi otomatis tidak ngerem, kemudian untuk rem angin tidak berfungsi. Setelah dicek vacumnya kendor,” jelas Tomex.

Sebelumnya, Kasatlantas Polres Cianjur AKP Erik Bangun Prakasa menerangkan jika ada 11 kendaraan yang terlibat kecelakaan dua mobil dan 6 motor di antaranya ikut terjun bersama bus.

“Bus Kitrans dari Jakarta menuju Taman Cibodas Cianjur yang melaju dengan kencang dari mulai turunan perbatasan Bogor Cianjur dikarenakan rem blong dan kondisi mobil mesin mati sesampainya di tikungan rumah makan Bumi Aki, kondisi jalan turun dan tikungan tajam sehingga lepas kendali dan menabrak mobil yang sedang macet dari Cianjur menuju Bogor,” terang Erik.

(bens – sisidunia.com)