Home » News » Aksi Demo Buruh Diwarnai Pembakaran Karangan Bunga di Balai Kota, Ini Reaksi Ahok

Aksi Demo Buruh Diwarnai Pembakaran Karangan Bunga di Balai Kota, Ini Reaksi Ahok



Jakarta – Tanggal 1 Mei merupakan Peringatan Hari Buruh Internasional alias May Day. Biasanya peringatan tersebut diwarnai dengan demo para buruh ke sejumlah kantor pusat pemerintahan di wilayah tersebut. Salah satu sasaran demo para buruh adalah Balai Kota DKI Jakarta.

Aksi Demo Buruh Diwarnai Pembakaran Karangan Bunga di Balai Kota, Ini Reaksi Ahok

Aksi pembakaran bunga ketika demo buruh di depan Balai Kota DKI

Rupanya para buruh yang menggelar aksi demo di depan Balai Kota DKI Jakarta, melainkan mereka juga membakar sejumlah karangan bunga yang diletakkan di taman Balai Kota. Sejumlah karangan bunga tersebut merupakan kiriman dari para pendukung Ahok-Djarot.

Pembakaran karangan bunga dilaporkan terjadi sekitar pukul 12.30 WIB, Senin (1/5/2017), persis di depan balai kota. Massa mengumpulkan sejumlah karangan bunga yang berjejer di Jl Medan Merdeka Selatan karena balai kota tak mampu lagi menampung.

Beberapa saat kemudian, petugas pemadam kebakaran langsung memadamkan api. Satpol PP dan pasukan oranye membersihkan sisa karangan bunga yang terbakar di jalan.

Seorang buruh yang ditemui di depan Balai Kota menyebut pembakaran karangan bunga ini merupakan aksi spontan. “Ini aksi spontan saja, nggak tahu siapa yang memulai,” ujar Ikhsan.

Baca juga : Djarot Buka Balaikota Sebagai Tempat Wisata Bagi Warga DKI

Melihat aksi tersebut, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok merasa prihatin terhadap oknum buruh yang membakar karangan bunga di depan Balai Kota DKI Jakarta. Sebab, bekas karangan bunga bisa dijual kembali ke toko bunga.

“Sayang saja. Karena papan bunga bekas bisa dijual Rp 50 ribu ke toko bunga kembali,” kata Ahok, Senin (1/5/2017).

Menurut Ahok, bekas karangan bunga bisa dijual dengan harga sekitar Rp 100 ribu. Jika bekas karangan bunga masih bagus bisa dijual kembali oleh toko bunga.

“Malahan katanya bisa Rp 100 ribu jika sampai ditoko bunganya dan masih bagus dan buat dipakai lagi,” ujar Ahok.
(Muspri-sisidunia.com)