sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Otomotif » Dibandrol Rp 200 Jutaan, Range Rover KW Asal China Ini Ternyata Laris Manis

Dibandrol Rp 200 Jutaan, Range Rover KW Asal China Ini Ternyata Laris Manis



Jakarta – Perusahaan otomotif patungan Jiangling Motor dan Changan Auto tengah tersenyum lebar. Sebabnya, salah satu mobil buatan mereka, Landwind X7, laris manis di pasaran. Bagaimana tidak, mobil berstatus jiplakan atau ‘KW’ dari Range Rover itu dijual dengan banderol sangat murah.

Dibandrol Rp 200 Jutaan, Range Rover KW Asal China Ini Ternyata Laris Manis

Landwind X7

Moncernya penjualan Landwind X7 juga membuat Chief Executive Officer Jaguar Land Rover Ralf Speth, sangat jengkel. Karena di sisi lain, JLR sangat dirugikan dengan aksi kloning Landwind X7. Pada pameran otomotif Shanghai Auto Show, mereka bahkan terang-terangan memajang empat model dari Landwind dan sukses menyita banyak perhatian publik.

“Kami mengakui JLR tidak membuat kemajuan setelah adanya X7 yang dibuat secara ilegal. Sementara mereka, merek China itu memiliki banyak kesuksesan dengan X7,” kata Speth seperti dilansir Autonews, Kamis 27 April 2017. “Mereka melakukannya dengan sangat baik, ini mobil yang bagus, kita tahu, ini mobil kita,” tambahnya.

Ini jelas merupakan masalah yang sangat menyebalkan bagi Land Rover, terutama dengan harga X7 yang hanya sepertiga dari banderol asli Evoque.

Sementara Matt Gasnier, pemilik agregator penjualan global Bestsellingcarsblog.com menyatakan, X7 menyumbang sebagian besar penjualan Landwind. Pada 2016 saja, mereka berhasil menjual X7 sebanyak 80.002 unit.

Jalan JLR untuk ‘mematikan’ X7 belakangan nampak dibuat makin sulit setelah tahun lalu pihak berwenang China tiba-tiba membatalkan hak paten Land Rover terhadap Evoque. Rupanya, paten ini dibatalkan karena desain Evoque dianggap telah dipamerkan di depan umum setahun sebelum paten desain diajukan.

Landwind X7 saat ini dijual dengan banderol 14 ribu poundsterling atau setara Rp260 jutaan. Padahal, harga asli Range Rover Evoque adalah 40 ribu poundsterling atau setara Rp750 jutaan.