Home » Techno » Google Persilahkan Pegawainya Peringati Hari Buruh

Google Persilahkan Pegawainya Peringati Hari Buruh



Jakarta – Dunia akan kembali memperingati “Hari Buruh” alias “May Day” pada 1 Mei 2017. Biasanya para pegawai perusahaan akan turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasinya.

Google Persilahkan Pegawainya Peringati Hari Buruh

Kantor Google

Kebanyakan perusahaan melarang pegawainya ikut demo buruh lantaran dianggap melawan. Namun tidak untuk Google. Raksasa mesin pencari itu memperbolehkan semua pekerjanya mengikuti demo buruh.

“Kami menghormati pilihan semua orang untuk bertindak atas kepercayaan mereka,” begitu pernyataan Google, sebagaimana dilaporkan Mashable, Kamis (27/4/2017).

Tak cuma di mulut saja, Google sesumbar telah berkoordinasi dengan para manajer untuk mengizinkan pegawai mengambil cuti untuk demo. Google juga mengumumkan bahwa mereka mendukung perusahaan rekanan melakukan hal serupa.

“Kami sangat menjunjung tinggi lingkungan kerja di Google, di mana kontraktor, engineer, pekerja kantin, staf kebersihan, dan pegawai pada umumnya, merasa nyaman,” kata perwakilan Google.

Diketahui, beberapa perusahaan yang melarang keras pegawainya ikut demo memiliki alasan berbeda-beda. Antara lain, mereka tak ingin ada kesalahpahaman antara pemerintah dengan perusahaan.

Pasalnya, buruh biasanya menuntut pemerintah menetapkan kebijakan pro pegawai yang mungkin bertentangan dengan kebijakan perusahaan. Selain itu, demo di jalanan juga dianggap bisa mencederai para peserta demo, sekaligus mengotori lingkungan.

Terlepas dari semua itu, Google menganggap suara-suara dari akar rumput perusahaannya tak boleh dibungkam, terlebih Hari Buruh seyogyanya memang untuk merayakan eksistensi buruh.

Gerakan Google ini mengikuti jejaring sosial Facebook. Pada awal April lalu, Facebook juga mengumumkan dukungannya ke para pegawainya yang ingin ikut unjuk rasa. (bens – sisidunia.com)