Home » Gaya Hidup » Simak, Jangan Remehkan Manfaat Luar Biasa Dari Cangkang Telur

Simak, Jangan Remehkan Manfaat Luar Biasa Dari Cangkang Telur



Jakarta – Salah satu sumber protein yang mudah didapatkan dengan harga yang murah bisa berasal dari telur ayam. Banyak orang yang menyukai rasa sumber protein dari telur ini. Pasalnya selain bisa dimakan setelah dimasak, telur juga dapat diaplikasikan dengan beragam masakan didapur seperti sebagai salah satu bahan untuk membuat roti.

Simak, Jangan Remehkan Manfaat Luar Biasa Dari Cangkang Telur

Cangkang telur

Namun baru-baru ini ditemukan manfaat lain dari telur selain sebagai sumber protein bagi tubuh manusia. Manfaat lain tersebut justru didapat dari salah satu bagian telur yang selama ini selalu dibuang begitu saja. Bagian tersebut adalah cangkang telur.

Dalam sebuah penelitian pada 2003, cangkang telur ternyata dapat dikonsumsi setelah digiling dan dijadikan bubuk. Dilansir dari Elitereaders, cangkang telur yang biasanya kita buang justru mengandung 95 persen kalsium karbonat yang baik untuk tubuh.

Kalsium karbonat sendiri dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Mengejutkannya lagi, International Journal of Food Sciences and Nutrition menyebutkan jika setengah cangkang telur sudah cukup untuk menyediakan asupan kalsium harian yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga : Video Unik, di Dalam Telur Ini Ada Telur Lagi

Agar dapat dikonsumsi, cangkang telur perlu dibersihkan dan dihancurkan terlebih dahulu. Hal itu bisa dilakukan dengan mencuci dan merebus selama lima menit untuk membunuh bakteri. Namun membran kulit tak boleh dilepas karena kaya akan nutrisi.

Selanjutnya, cangkang telur dibiarkan mengering dan dipanggang selama 10 menit dengan suhu 180 derajat. Orang dewasa hanya perlu mengkonsumsi satu gram bubuk cangkang telur untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
(Muspri-sisidunia.com)