Home » News » Karyawati di Balikpapan Gelapkan Uang Perusahaan Hingga Miliaran Rupiah

Karyawati di Balikpapan Gelapkan Uang Perusahaan Hingga Miliaran Rupiah



Jakarta – Umiatun (29) harus mempertangungjawabkan perbuatanny. Ia ditangkap Polsek Balikpapan Utara saat bekerja, pada Kamis (20/4/2017). Umiatun diciduk karena menggelapkan uang perusahaan hingga miliaran rupiah.

Karyawati di Balikpapan Gelapkan Uang Perusahaan Hingga Miliaran Rupiah

Gambar ilustrasi

Panit Reskrim Ipda Sitompul mengatakan, awal terbongkarnya aksi warga Balikpapan Regency itu saat perusahaan curiga ada konsumen ekspedisi yang ditagih pembayaran jasa.

Baca juga : Mahasiswa PTN Padang Digrebek Satpol PP Saat Mesum di Toilet Masjid

“Konsumen itu bilang sudah dibayar, tetapi rupanya tidak ada laporan dari terduga ini. Perusahaan kemudian menyelidiki transaksi yang pernah ditangani pelaku. Ternyata ketahuan banyak dana yang sudah digelapkan,” terangnya, Sabtu (22/4/2017).

Umiatun melakukan aksinya saat dirinya dipercaya perusahaan untuk membayar pajak. Namun, Umiatun justru melakukan penggelembungan pajak.

Beberapa transaksi dimanipulasi. Beberapa transaksi lain bahkan tidak dibayarkan.

“Hal ini (penggelapan) terungkap setelah penyidik dan perusahaan mengeceknya ke kantor pajak. Selama menjalani aksinya, pelaku diminta perusahaan untuk membayarkan pajak ke kantor pajak. Dana pajak kemudian disetor ke rekening pribadi pelaku unuk dibayarkan,” imbuhnya.

Dia menambahkan, pihaknya sempat kesulitan membekuk pelaku. Sebab, Umiatun sering berpindah tempat tinggal.

“Untuk sementara pelaku kami tahan untuk kami periksa. Prosesnya masih kami kembangkan,” tegasnya.

(bens – sisidunia.com)